EFEK MEDIASI PERSON-ORGANIZATION FIT DALAM PENGARUH EMPLOYER BRANDING DAN ORGANIZATIONAL CULTURE TERHADAP EMPLOYEE ENGAGEMENT PADA GEN Z DI JAKARTA

  • Regina Karlina Universitas Pelita Harapan

Abstract

Setiap tahun jumlah Gen Z yang memasuki organisasi terus bertambah, maka organisasi perlu memahami karakteristik Gen Z terutama keterlibatan mereka secara karier profesional di perusahaan. Penelitian ini bertujuan menganalisis efek mediasi Person-Organization Fit dalam pengaruh Employer Branding dan Organizational Culture terhadap Employee Engagement pada Gen Z di Jakarta. Penelitian dengan model kuantitatif ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner di kalangan Gen Z yang telah bekerja di Jakarta minimal 1 tahun serta berdomisili di Jakarta. Kuesioner yang disebarkan secara daring dengan 84 butir pernyataan diisi oleh 110 responden valid. Pengukuran dilakukan menggunakan skala likert (5 poin) dengan menggunakan SmartPLS untuk menganalisis data melalui uji hipotesis. Hasil penilitian menunjukan bahwa pada Gen Z di jakarta Employer Branding memiliki pengaruh terhadap Person-Organization Fit demikian juga Employer Branding berpengaruh terhadap Employee Engagement, Organizational Culture berpengaruh terhadap Person-Organization Fit dan Person-Organization Fit berpengaruh terhadap Employee Engagement. Sementara untuk Organizational Culture tidak berpengaruh terhadap Employee Engagement dan Person-Organization Fit tidak dapat memediasi pengaruh Employer Branding terhadap Employee Engagement. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan gambaran dan bahan evaluasi bagi para pemangku kepentingan di organisasi, khususnya bagi yang bekerja di departemen SDM.

Published
Oct 31, 2023
How to Cite
KARLINA, Regina. EFEK MEDIASI PERSON-ORGANIZATION FIT DALAM PENGARUH EMPLOYER BRANDING DAN ORGANIZATIONAL CULTURE TERHADAP EMPLOYEE ENGAGEMENT PADA GEN Z DI JAKARTA. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 31, n. 5, p. 339 - 349, oct. 2023. ISSN 2654-3915. Available at: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/3725>. Date accessed: 19 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v31i5.3725.
Section
Artikel