ANALISIS PENGARUH MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENINGKATKAN MORALITAS PATUH DAN SOPAN SANTUN PADA SISWA SMA

  • Cici Fitri Bety Universitas Darma Agung
  • Bentiarni Barasa Universitas Darma Agung
  • Dessy Eviana Siregar Universitas Darma Agung
  • Elysa Putri Br Kembaren Universitas Darma Agung
  • Leonardo Panjaitan Universitas Darma Agung

Abstract

Pendidikan Kewarganegaraan merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang harus ada di setiap jenjang sekolah, yakni dimulai dari jenjang Sekolah Dasar (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTs), Sekolah Menengah Atas atau Kejuruan (SMA/MA/SMK), hingga pada jenjang perguruan tinggi; yang diajarkan guna menciptakan warga negara yang berkarakter dan bermoral sesuai dengan yang diamanatkan oleh Pancasila dan Undang-undang Dasar   tahun 1945. Nilai moralitas yang dimaksud adalah nilai-nilai luhur yang dikandung oleh Pancasila, yang dalam hal ini dikhususkan oleh peneliti untuk diteliti yakni nilai kepatuhan dan kesopan- santunan pada siswa sekolah menengah atas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam meningkatkan moralitas patuh dan sopan santun terhadap siswa sekolah menengah atas. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan secara kualitatif bersifat deskriptif, dengan teknik observasi (meninjau langsung), wawancara yang diikuti dengan dokumentasi para informan yang dianggap berpotensi untuk memberikan informasi tentang bagaimana pengaruh mata pelajaran PKn dalam meningkatkan moralitas patuh dan sopan santun pada siswa SMA. Hasil pengumpulan berupa data dan keterangan yang didapat yang mendukung penelitian dianalisis dan diakhiri dengan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan berpengaruh terhadap peningkatan moralitas khususnya moral patuh dan sopan santun pada siswa sekolah menengah atas.

Published
Dec 1, 2021
How to Cite
BETY, Cici Fitri et al. ANALISIS PENGARUH MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENINGKATKAN MORALITAS PATUH DAN SOPAN SANTUN PADA SISWA SMA. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 29, n. 3, p. 521 - 533, dec. 2021. ISSN 2654-3915. Available at: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/3667>. Date accessed: 29 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v29i3.3667.
Section
Artikel