PENGARUH MODEL PjBL MADING DENGAN PjBL POP UP TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA
Abstract
Salah satu permasalahan pendidikan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia adalah masih rendahnya mutu Pendidikan. Sekolah dalam hal ini guru patut menerapkan model pembelajaran yang tepat dengan kondisi saat ini, dimana siswa pada sekolah menengah telah memiliki pola pikir dan cara berpikir yang lebih matang dibandingkan siswa pada sekolah dasar. Di era digitalisasi saat ini, tantangan akan semakin meningkat sehingga membutuhkan sikap dan kemampuan berpikir kritis siswa dalam menghadapinya. Keterlibatan secara aktif dari siswa menimbulkan dorongan dan rasa ingin tahu siswa yang pada umumnya sebagai motivasi belajar. Melalui latar belakang yang disampaikan bahwa konsep PjBL sangat memungkinkan siswa mampu meningkatkan berpikir kritisnya melalui keterlibatannya pada suatu proyek-proyek yang didesain baik oleh siswa atau guru. Metode dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen sehingga instrumen yang digunakan adalah menggunakan tes dan angket. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka diperoleh hasil penelitian bahwa model pembelajaran PjBL berbasis Mading dan berbasis Pop up dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa serta dengan adanya motivasi belajar yang tinggi maka dapat juga meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).