THRESHOLD: DILEMATIS PRESIDEN ANATARA MENERAPKAN PROGRAM KERJA SENDIRI ATAU BERKOMPROSI DENGAN PARTAI PEMILIK KURSI DI DPR DENGAN PERBANDINGAN KETETAPAN PEMILU DI BRAZIL

  • Zuraida Salsabila Universitas Airlangga
  • Febrian Rizki Pratama Universitas Airlangga
  • Asrul Imam Universitas Airlangga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan perbandingan persyaratan mengenai bakal calon Presiden dan Calon Wakil Presiden sudah tercantum didalam pasal 6a Ayat 2 Undang-Undang Dasar 1945 yang masih sering menimbulkan pro dan kontra terkait aturan ini karena dinilai mengurangi hak seseorang untuk mencalonkan diri sebagai Presiden dan Wakil Presiden, sehingga diperlukan pembaharuan hukum. Peneltian ini menggunakan jenis penelitian hukum normatif.  Dalam hasil yang diteliti menyatakan bahwa Apabila kita menggunakan metode yang sama dengan negara brazil yaitu dengan memperoleh kemenangan sebesar 50% + 1 suara menjadi syarat kemenangan Calon Presiden dan Wakil Presiden, maka hal ini memicu terjadinya gelombang 2 pemilihan suara dan pasti akan menambah biaya pemilu yang sangat besar sekali. Jika dikontekstualkan dengan pengaturan di Indonesia saat ini, maka pasal 6A ayat (3) telah mengatur bahwasanya untuk dilantik menjadi seorang Presiden, seorang kandidat harus mendapatkan suara sebesar 50 persen dari jumlah suara dalam pemilu dengan sedikitnya 20 persen suara di setiap provinsi yang tersebar di lebih dari setengah jumlah provinsi di Indonesia.

Published
Aug 31, 2023
How to Cite
SALSABILA, Zuraida; PRATAMA, Febrian Rizki; IMAM, Asrul. THRESHOLD: DILEMATIS PRESIDEN ANATARA MENERAPKAN PROGRAM KERJA SENDIRI ATAU BERKOMPROSI DENGAN PARTAI PEMILIK KURSI DI DPR DENGAN PERBANDINGAN KETETAPAN PEMILU DI BRAZIL. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 31, n. 4, p. 818-824, aug. 2023. ISSN 2654-3915. Available at: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/3554>. Date accessed: 14 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v31i4.3554.
Section
Artikel