HUBUNGAN PROFESIONAL GURU DI ABAD 21 DENGAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS XII MIPA 1 SMA SWASTA MULIA PRATAMA MEDAN

  • Manahan Manullang Universitas Darma Agung
  • Murni Naiborhu Universitas Darma Agung
  • Kurniawan Giawa Universitas Darma Agung
  • Jelita Panjaitan Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Signifikan Antara Profesionalisme Guru Di Abad 21 Dengan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas XII MIPA 1 SMA Mulia Pratama Medan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII MIPA 1 SMA Mulia Pratama Medan. Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik Sampling Jenuh. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket yang berjumlah 21 item yang masing masing terdiri dari 4 option yang sebelumnya telah diuji ke luar sampel untuk mengetahui validitas dan reliabilitas. Hasil uji normalitas data variabel profesional guru (X) berdistribusi normal diperoleh nilai Xh2 < Xt2 (4,2833 < 37,65) dan variabel hasil belajar PKn (Y) berdistribusi normal diperoleh nilai Xh2 < Xt2 (4,7166 < 37,65). Hitungan uji linearitas data Profesional Guru dengan Hasil Belajar PKn adalah linear dengan persamaan Y = 63,26572 + 0,305711 X digunakan dengan Fh > Ft = (5,4536 > 4,28), Hasil uji kecenderungan Profesional Guru (X) cenderung sedang (28%). Hasil uji kecenderungan Hasil Belajar PKn (Y) cenderung baik (36%). Dengan hasil uji korelasi (X) dan (Y) diperoleh rhitung = 2,335 digunakan dengan r pada taraf signifikan 5% dengan N = 25.
Published
Aug 31, 2021
How to Cite
MANULLANG, Manahan et al. HUBUNGAN PROFESIONAL GURU DI ABAD 21 DENGAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS XII MIPA 1 SMA SWASTA MULIA PRATAMA MEDAN. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 29, n. 2, p. 347 - 357, aug. 2021. ISSN 2654-3915. Available at: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/3162>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v29i2.3162.
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>