PELANGGARAN KONTRAK BISNIS INTERNASONAL OLEH IMPORTIR DAGING AYAM ANTARA INDONESA DAN BRAZIL (AGREEMENT ON ESTABILSHING THE WORLD TRADE ORGANIZATION)

  • Mendy Cevitra Fakultas Hukum Unversitas Tarumanagara
  • Gurnad Lie Fakultas Hukum Unversitas Tarumanagara

Abstract

Sengketa dagang internasonal merupakan kasus yang sering terjadi pada pelaku bisnis dalam suatu kontrak atau perjanjian. biasanya memiliki sistem hukum yang berbeda. Penyelesaan sengketa dagang internasonal dapat ditempuh melalui litigasi dan non litigasi atau Alternatif Penyelesaian Sengketa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penyelesaian sengketa dagang internasional melalui mediasi dihubungkan dengan pilihan hukum dan forum pada kontrak dagang internasonal dan untuk mengetahui penggunaan hukum nasional dalam penyelesaian sengketa perdagangan internasonal melalui mediasi ketika terjadi kekosongan hukum dalam forum penyelesaiannya terhadap kontrak dagang internasonal. Metode yang digunakan adalah yuridis kualitatif, bersifat deskriptif analisis. Pengumpulan data dilakukan berdasarkan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini adalah bahwa pilihan hukum dan forum dalam kontrak bisnis seharusnya dicantumkan oleh para pihak agar tidak menmbulkan permasalahan dikemudan hari, mediasi memang merupakan suatu pilihan alternatif penyelesaian kasus bisnis atau kasus perdagangan internasonal yang harus dipertimbangkan pada tahap awal. Hal ini dikarenakan mediasi merupakan suatu forum penyelesaian yang lebih cepat dan murah, serta dapat menyediakan akses kepada para pihak yang bersengketa untuk memperoleh keadilan atau penyelesaian yang memuaskan atas sengketa yang dihadapi secara musyawarah. Terdapat Lex Loci Solutions sebagai rujukan untuk para pihak dalam membantu menyelesaikan kekosongan terhadap pilihan hukum dan juga forum penyelesaiannya.

Published
Sep 14, 2023
How to Cite
CEVITRA, Mendy; LIE, Gurnad. PELANGGARAN KONTRAK BISNIS INTERNASONAL OLEH IMPORTIR DAGING AYAM ANTARA INDONESA DAN BRAZIL (AGREEMENT ON ESTABILSHING THE WORLD TRADE ORGANIZATION). Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 31, n. 4, p. 1045-1051, sep. 2023. ISSN 2654-3915. Available at: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/3126>. Date accessed: 14 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v31i4.3126.
Section
Artikel