TRANSFORMASI DIGITALISASI PENDIDIKAN PADA SEKOLAH BERBASIS ISLAM (MTS. ALMAARIF 01 SINGOSARI)
Abstract
Digitalisasi kehidupan senantiasa menjadi tantangan tersendiri bagi masyarakat terutama instansi pendidikan. Berbagai persoalan dari kesenjangan kemampuan guru, keterbatasan fasilitas hingga perbedaan kompetensi adaptasi menjadi kendala tersendiri dalam mewujudkan digitalisasi pembelajaran. Walaupun demikian, urgensi pendidikan yang menuntut agar sistem pembelajaran harus sesuai dengan perkembangan zaman, telah mendorong berbagai jenis instansi agar berusaha melakukan inovasi tanpa henti. Menanggapi hal ini, MTs. Almaarif 01 Singosari sebagai sekolah berbasis Islam turut berkonstribusi melalui inovasi pembelajaran yang berkelanjutan. Pemanfaatan teknologi pembelajaran menjadi aset penting untuk membangun karakter adaptif pada siswa dalam tingkat menengah pertama. Strategi kombinasi antara kecerdasaan spiritual dan intelektual telah terangkum dalam Galeri Virtual. Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan hambatan dan tantangan pembelajaran berbasis teknologi di sekolah berbasis islam. Kedua, menjelaskan pemanfaatan Galeri Virtual dalam pembelajaran. Kualitatif deskriptif dipilih sebagai pendekatan penelitian. Observasi, analisis dokumen, dan wawancara kepada guru dan siswa dipilih sebagai teknik pengumpulan data. Hasilnya, ditemukan hambatan pada siswa yang tinggal dirumah dengan siswa yang tinggal di pondok. Kesenjangan kompetensi adaptasi teknologi pada siswa dan guru menjadi tantangan tersendiri dalam pembelajaran. Penggunaan e-learning dan Galeri Virtual menjadi metode pembelajaran transformatif yang dirancang agar pembelajaran dapat bersifat aplikatif dan apresiatif
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).