ANALISIS METODE STIMULASI PERKEMBANGAN EMOSI ANAK USIA DINI
Abstract
Tahapan pertumbuhan terpenting pada masa awal kehidupan anak ialah emosi, perkembangan emosional pada anak usia dini akan menjadi dasar bagi anak-anak untuk menjadi orang dewasa yg bertanggungjawab, peduli terhadap sesama dan produktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisisĀ metode stimulasi perkembangan emosi anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan studi kepustakaan, jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang kemudian dianalisis dan disajikan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwasannya stimulasi perkembangan emosi anak usia dini bisa menggunakan cara membangun kelekatan hubungan dengan anak, menyadari pentingnya keterampilan manajemen emosi bagi orang tua dan guru, fokus pada peningkatanĀ pengaturan diri anak serta menciptakan rasa aman dan nyaman di sekolah yang dapat diimplementasikan melalui metode bercerita, metode keteladanan & metode bernyanyi.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).