ANALISIS PENGARUH BUDAYA PERUSAHAAN, MOTIVASI DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

  • Adi Neka Fatyandri Universitas Internasional Batam, Batam
  • Thea Evanglista br Surbakti Universitas Internasional Batam, Batam

Abstract

Tujuan dan target dari penelitian ini adalah bertujuan untuk menilai bagaimana pengaruh budaya perusahaan, motivasi dan gaya kepemimpinan dalam mempengaruhi kinerja karyawan yang dimediasi oleh kepuasan kerja. Menggunakan teknik kuantitatif dengan jumlah sampel dari 3 perusahaan dengan total responden yang dihasilkan sebanyak 350 responden. Penulis melakukan analisis data dengan menggunakan teknik Statistical Program for Social Science (SPSS) dan Smart Partial Least Square (Smart PLS). Hasil studi menunjukan bahwa variable independent (Budaya perusahaan, motivasi dan gaya kepemimpinan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dengan kepuasan kerja sebagai variabel mediasi. Untuk menciptakan performa kinerja karyawan yang baik, maka penting untuk memperhatikan bagaimana suatu perusahaan menciptakan budaya kerja, kerja sama, motivasi dan adanya tanggung jawab yang membuat perusahaan terus berkomitmen untuk mengembangkan manajemen sumber daya manusia, terutama faktor-faktor yang berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, sehingga tujuan dari perusahan akan tercapai dengan baik serta meningkatkan kualitas kinerja karyawan.

Published
May 2, 2023
How to Cite
FATYANDRI, Adi Neka; BR SURBAKTI, Thea Evanglista. ANALISIS PENGARUH BUDAYA PERUSAHAAN, MOTIVASI DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 31, n. 1, p. 869 - 880, may 2023. ISSN 2654-3915. Available at: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/2381>. Date accessed: 18 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v30i2.2381.
Section
Artikel