PERANCANGAN SISTEM INFORMASI LOKASI PARIWISATA KABUPATEN SERDANG BEDAGAI BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN (UCD)

  • Wiki Astri Siregar Universitas Pembangunan Panca Budi,Medan
  • Rio Septian Hardinata Universitas Pembangunan Panca Budi,Medan
  • Mhd. Syahputra Novelan Universitas Pembangunan Panca Budi,Medan

Abstract

Perkembangan pariwisata di daerah membawa berbagai dampak positif. Secara umum dampak positifnya adalah perluasan kesempatan kerja, peningkatan peluang usaha yang dapat memberikan manfaat baik bagi daerah maupun masyarakat sekitar, serta mengenal budaya lokal oleh wisatawan. Sebagian besar daerah di Indonesia sangat mengandalkan pariwisata sebagai sumber pendapatan masyarakat sekitar, termasuk di Kabupaten Serdang Bedagai. Kabupaten Serdang Bedagai memiliki banyak tempat wisata, namun karena banyaknya obyek wisata yang ada di daerah tersebut maka timbul permasalahan yaitu wisatawan sering kesulitan untuk mengetahui detail lokasi dan tidak mengetahui informasi tentang tempat wisata yang akan mereka tuju, dan untuk cari tahu informasi ini hanya dengan bertanya kepada orang lain. Oleh karena itu penulis membuat penelitian ini yaitu merancang sebuah sistem informasi lokasi wisata berbasis android untuk Kabupaten Serdang Bedagai dengan menggunakan Metode User Centered Design (UCD), yang dapat mempermudah pencarian lokasi suatu objek wisata dan dapat memberikan informasi harga tiket dan fasilitas apa saja yang disediakan. di tempat wisata tersebut sehingga juga membantu Pemerintah dalam memasarkan pariwisata di Kabupaten Serdang Bedagai.

Published
Apr 30, 2022
How to Cite
SIREGAR, Wiki Astri; HARDINATA, Rio Septian; NOVELAN, Mhd. Syahputra. PERANCANGAN SISTEM INFORMASI LOKASI PARIWISATA KABUPATEN SERDANG BEDAGAI BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN (UCD). Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 30, n. 1, p. 459 - 468, apr. 2022. ISSN 2654-3915. Available at: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/2227>. Date accessed: 08 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v30i1.2227.
Section
Artikel