UPAYA GURU PKN DALAM MENCEGAH PERILAKU BULLYING DI SMA SWASTA IMMANUEL KELURAHAN MADRAS HULU KECAMATAN MEDAN POLONIA KOTA MEDAN

  • Murni Naiborhu Universitas Darma Agung
  • Manahan Manullang Universitas Darma Agung

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana  upaya guru PKn dalam mencegah perilaku bullying di SMA swasta Immanuel  Kelurahan Madras Hulu Kecamatan Medan Polonia Kota Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  upaya guru PKn dalam mencegah perilaku bullying di SMA swasta Immanuel  Kelurahan Madras Hulu Kecamatan Medan Polonia Kota Medan. Jenis  penelitian kualitatif  deskriptif. Lokasi Penelitian di SMA Swasta Immanuel  jln. Selamet Ryadi No.1 Medan. dengan menggunakan metode studi kasus dengan menguraikan kondisi dan kenyataan.  Teknik Pengumpulan data  dengan wawancara dan dokumentasi. Data primer  diperoleh dari guru PKn sebagi informan  dengan melakukan  wawancara dengan guru PKn sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumen yang berasal dari sekolah SMA swasta Imanuel yang berkaitan dengan perilaku bullying .  Hasil Penelitian diperoleh bahwa upaya yang dilakukan guru PKn dalam mencegah perilaku bullying di SMA swasta Immanuel  Kelurahan Madras Hulu Kecamatan Medan Polonia Kota Medan  ada yang bersifat prefentif antara lain: saat mengajar dikelas guru PKn membuat game   tentang stop bullying , membuat kelompok belajar di kelas, menerapkan program guru sahabat anak pada siswa,  memberikan himbauan siswa  agar menjauhi bullying serta   dampak bullying , berdoa secara bersama-sama di kelas  di akhir pembelajaran. Sedangkan tindakan yang bersifat kuratif dengan cara   mencari  akar permasalahan mengapa siswa melakukan bullying, memberikan hukuman atau sanksi berpa surat peringatan dan surat pernyataan secara tertulis  bahwa siswa tersebut tidak akan mengulangi perilaku bullying lagi , serta memberikan layanan dan pengawasan.

Published
Apr 30, 2022
How to Cite
NAIBORHU, Murni; MANULLANG, Manahan. UPAYA GURU PKN DALAM MENCEGAH PERILAKU BULLYING DI SMA SWASTA IMMANUEL KELURAHAN MADRAS HULU KECAMATAN MEDAN POLONIA KOTA MEDAN. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 30, n. 1, p. 384-414, apr. 2022. ISSN 2654-3915. Available at: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/1735>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v30i1.1735.
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>