TINJAUAN YURIDIS TINDAK PIDANA PENCABULAN TERHADAP ANAK (Studi Kasus Putusan Pengadilan Negeri Jombang Nomor 270/Pid.Sus/2019/Pn Jbg)

  • Binsar Panjaitan Universitas Darma Agung

Abstract

Pencabulan merupakan suatu tindakan yang dilakukan oleh seseorang yang didorong oleh keinginan seksual untuk melakukan hal-hal yang dapat membangkitkan hawa nafsu, sehingga menimbulkan kepuasan pada dirinya.Tindak pidana pencabulan terus berkembang hingga sekarang.Pencabulan terhadap orang yang tidak berdaya seperti anak, baik pria maupun wanita, merupakan salah satu masalah sosial yang sangat meresahkan masyarakat. Penelitan ini menggunakan metode penelitian yuridis normatif, yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara meneliti bahan pustaka atau data sekunder sebagai bahan dasar untuk diteliti dengan cara mengadakan penelusuran-penelusuran dan literature yang terkait dengan permasalahan yang diteliti. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah pertama, bagaimana penerapan hukum materill terhadap pelaku tindak pidana pencabulan, kedua faktor yang menyebabkan terajdinya tindak pidana pencabulan dan ketiga bagaimana pertimbangan hukum hakim terhadap penjatuhan putusan (Studi Putusan Pengadilan Negeri Jombang Nomor. 270/Pid.Sus/2019/Pn. Jbg). Pertanggungjawaban pidana terhadap pelaku tindak pidana pencabulan dalam penelitian ini menjadi hal terpenting yang harus dijatuhkan oleh majelis Hakim, sebagai sanksi hukum dari perbuatannya dan efek jera pelaku.Dalam menjatuhkan putusan Hakim melakukan pertimbangan-pertimbangan tertentu agar tercapainya keadilan hukum bagi korban maupun pelaku.

Published
Jul 31, 2021
How to Cite
PANJAITAN, Binsar. TINJAUAN YURIDIS TINDAK PIDANA PENCABULAN TERHADAP ANAK (Studi Kasus Putusan Pengadilan Negeri Jombang Nomor 270/Pid.Sus/2019/Pn Jbg). JURNAL RECTUM: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 256-266, july 2021. ISSN 2684-7973. Available at: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalrectum/article/view/1930>. Date accessed: 05 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalrectum.v3i2.1930.