PENGARUH MODEL KOOPERATIF BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA SMA SWASTA GAJAH MADA MEDAN T.P 2018/2019

  • RAMEYANTI TAMPUBOLON Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Media Video Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Pada Materi Pokok Momentum Dan Impuls di kelas X semester II SMA Swasta Gajah Mada Medan T.P. 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Swasta Gajah Mada, yang terdiri dari dua kelas dan Sampel penelitian dilakukan secara total sampel, yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif berbantuan media video, dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol yang diajar dengan model pembelajaran langsung. Instrumen penelitian Adalah Essay Tes 8 soal yang divalidkan oleh dosen validator dan telah diuji cobakan dikelas XI untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji kemampuan awal diperoleh thitung <ttabel (1,590<2,002, hal ini menunjukkan bahwa kemampuan awal kedua kelas adalah  sama. Kemudian diberi perlakuan  yang berbeda diakhir pembelajaran dilakukan postes, dan diperoleh hasil uji statistik (uji t satu pihak), thitung > ttabel yaitu (6,751> 2,002), disimpulkan ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Kooperatif Berbantuan Media Video Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Pada Materi Pokok Momentum Dan Impuls.

Published
Apr 30, 2020
How to Cite
TAMPUBOLON, RAMEYANTI. PENGARUH MODEL KOOPERATIF BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA SMA SWASTA GAJAH MADA MEDAN T.P 2018/2019. JURNAL PENELITIAN FISIKAWAN, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 18-24, apr. 2020. ISSN 2655-738X. Available at: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalpenelitianfisikawan/article/view/449>. Date accessed: 20 apr. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>