PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA KINEMASTER TERHADAP HASILBELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI POKOK PENGUKURAN KELAS X SMA SWASTA GKPI PADANG BULAN T.P 2022

  • Mardiana Amazihono Universitas Darma Agung, Medan
  • Fajarman Buulolo Universitas Darma Agung, Medan
  • Asiroha Siboro Universitas Darma Agung, Medan
  • Irwan Susanto Universitas Darma Agung, Medan

Abstrak

Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Pengaruh Yang Signifikan Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Kinemaster Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Materi Pokok Pengukuran Kelas X SMA Swasta GKPI Padang Bulan Medan T.P 2022/2023 Yang Terdiri Dari 2 Kelas Dengan Jumlah 60 Orang. Pengambilan Sampel Dilakukan Secara Total Sampling Dan Diperoleh Kelas X-MIA1 Berjumlah 30 Orang Sebagai Kelas


 


Eksperimen Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Kinemaster Dan Kelas X-MIA2 Berjumlah 30 0rang Sebagai Kelas Kontrol Dengan Model Pembelajaran Langsung. Instrument Yang Digunakan Adalah Tes Dalam Bentuk Pilihan Ganda Dengan 5 Option (A, B, C, D, E) Sebanyak 15 Soal Yang Telah Diuji Validitas, Reliabilitas, Daya Pembeda Dan Tingkat Kesukaran. Hasil Penelitian Nilai Rata-Rata Pretes Kelas Eksperimen Adalah 52,44 Dan Standar Deviasi 10,17 Nilai Rata-Rata Kelas Kontrol Adalah 52,22. Untuk uji kemampuan awal diperoleh Hasil Uji Statistik (Uji t Dua Pihak) Adalah sama dimana thitung = 1,19 Dan ttabel = 2,002 Karena Thitung ˂ Ttabel (1,19 ˂ 2,00) Hal Ini Menunjukkan Bahwa Kemampuan Awal Kedua Kelas Sama. Kemudian Diberi Perlakuan Yang Berbeda Lalu Diakhir Diberikan Postes, Nilai Rata-Rata Eksperimen Adalah 82.44, Dan Nilai Rata-Rata Kelas Kontrol Adalah 69,11. berdasarkan Hasil Uji Statistik (Uji t Satu Pihak)  Diperoleh thitung = 5,81 Dan ttabel = 1,67 Karena Thitung > Ttabel (5,81 > 1,67) Maka Hal Ini Menunjukkan Bahwa Ada Pengaruh Yang Signifikan penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Kinemaster Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Pokok Pengukuran Siswa Kelas X SMA Swasta GKPI Padang Bulan Medan T.P 2022/2023.

Diterbitkan
Feb 1, 2023
##submission.howToCite##
AMAZIHONO, Mardiana et al. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA KINEMASTER TERHADAP HASILBELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI POKOK PENGUKURAN KELAS X SMA SWASTA GKPI PADANG BULAN T.P 2022. JURNAL PENELITIAN FISIKAWAN, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 57 - 70, feb. 2023. ISSN 2655-738X. Tersedia pada: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalpenelitianfisikawan/article/view/2696>. Tanggal Akses: 17 may 2024 doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalpenelitianfisikawan.v6i1.2696.
Bagian
Articles