PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA MICROSOFT POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI POKOK PERPINDAHAN KALOR KELAS X SEMESTER II SMK SWASTA TELADAN MEDAN TP. 2019/2020

  • Rameyanti Tampubolon Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Microsoft power point terhadap hasil belajar fisika pada materi pokok  perpindahan kalor di kelas X semester II SMK Swasta Teladan Medan T.P. 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen (eksperimen semu). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas X  Semester II SMK Swasta Teladan Medan yang terdiri dari 16 kelas dengan jumlah seluruh siswa adalah 565 orang. Pengambilan sampel dilakukan  dengan teknik cluster random sampling, dimana diperoleh kelas X TKJ-3 sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang berjumlah 31 siswa dan kelas  X TKR-6 sebagai kelas kontrol yang diajar dengan model pembelajaran langsung berjumlah 31 orang. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes soal yang berjumlah 17 butir soal tes dengan berbentuk pilihan ganda dengan 5 option ( a, b, c, d, dan e) yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda. Hasil penelitian ini diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 38,77 dengan standar deviasi 11,28 dan kelas kontrol 37,80 dengan standar deviasi  10.76. Dari hasil pengujian hipotesis menggunakan SPSS diperoleh sign(2-tailed) = 0,731 dan α = 0,05 karena   sign > α (0,731 > 0,05) maka dapat dinyatakan  bahwa kemampuan awal kedua kelas adalah sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, diakhir pembelajaran dilakukan  postes dengan hasil nilai rata-rata kelas eksperimen diperoleh 80,35 dengan standar deviasi 8,97 dan kelas kontrol dengan nilai rata-rata 75,29 dengan standar deviasi 8,021. Dari hasil pengujian hipotesis menggunakan SPSS diperoleh sign(2-tailed) = 0,024 dan α = 0,05 pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk = 60. Karena  sign < α  (0,024 < 0,05), hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model kooperatif tipe STAD berbantuan Microsoft power point terhadap hasil belajar fisika pada materi pokok  perpindahan kalor di kelas X semester II SMK Swasta Teladan Medan T.P.2019/2020

Published
Sep 1, 2021
How to Cite
TAMPUBOLON, Rameyanti. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA MICROSOFT POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI POKOK PERPINDAHAN KALOR KELAS X SEMESTER II SMK SWASTA TELADAN MEDAN TP. 2019/2020. JURNAL PENELITIAN FISIKAWAN, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 14-19, sep. 2021. ISSN 2655-738X. Available at: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalpenelitianfisikawan/article/view/1156>. Date accessed: 30 apr. 2024.
Section
Articles