PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI POKOK GELOMBANGNELEKTROMAGNETIK KELAS X SEMESTER II SMK NEGERI 1 LOLOMATUA T.P 2019/2020

  • Alim Peranginangin Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Inquiry Training Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Materi Pokok Gelombang Elektromagnetik Di Kelas X Semester II SMK Negeri 1 Lolomatua TP. 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas X yang terdiri dari 4 kelas SMK Negeri 1 Lolomatua TP. 2019/2020. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yang dipilih secara cluster random sampling yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Inquiry Training dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol yang diajar dengan Model Pembelajaran Langsung dengan jumlah siswa masing-masing 33 orang. Instrumen penelitian adalah tes pilihan berganda dengan jumlah 20 soal berbentuk 5 pilihan yang sebelumnya telah dilakukan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas data. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yang varians yang homogen dan berdistribusi normal. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen sebesar 45,45 dengan standar deviasi 10,55 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol sebesar 41,36 dengan standar deviasi 8,31. Dari hasil uji kemampuan awal diperoleh thitung = 1,801 <  ttabel = 1,998. Karena thitung < ttabel, hal ini menunjukkan kemampuan awal kedua kelas sama. Kemudian diberi perlakuan pembelajaran yang berbeda. Setelah pembelajaran berakhir, dilakukan postes diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 78,78 dengan standar deviasi 10,38 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 65,60 dengan standar deviasi 11,84. Dari hasil uji kemampuan akhir diperoleh thitung = 4,936 > ttabel =  pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk = 64. Maka hal ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Inquiri Training terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Gelombang Elektromagnetik SMK Negeri 1 Lolomatua TP. 2019/2020

Published
Sep 1, 2021
How to Cite
PERANGINANGIN, Alim. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI POKOK GELOMBANGNELEKTROMAGNETIK KELAS X SEMESTER II SMK NEGERI 1 LOLOMATUA T.P 2019/2020. JURNAL PENELITIAN FISIKAWAN, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 7-13, sep. 2021. ISSN 2655-738X. Available at: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalpenelitianfisikawan/article/view/1155>. Date accessed: 20 apr. 2024.
Section
Articles