IMPLEMENTASI PROGRAM POS SAHABAT ANAK UNIT PELAKSANA TEKNIS (UPT) PELAYANAN SOSIAL ANAK DINAS SOSIAL PROVINSI SUMATERA UTARA DI PANYABUNGAN

  • Surya Dharma Universitas Darma Agung
  • Ayu Nofita Sari Universitas Darma Agung

Abstract

Program Pos Sahabat Anak di Panyabungan bertujuan untuk menekan jumlah anak jalanan di Panyabungan.Masalah anak jalanan adalah masalah yang sulit diselesaikan, karena anak jalanan muncul karena berbagai faktor.Pos Sahabat Anak merupakan solusi dari pemerintah daerah Provinsi Sumatera Utara khusunya Dinas Sosial Provinsi Sumatera Utara dalam mengatasi masalah anak jalanan di Panyabungan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanan Program Pos Sahabat Anak di Panyabungan.Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan wawancara mendalam kepada narasumber- narasumber yang berkaitan. Hasil dari penelitian ini adalah menunjukan bahwa program Pos Sahabat Anak di Panyabungan belum efektif hal ini ditunjukan dengan Pelaksanaan program pos sahabat anak di Panyabungan memiliki beberapa hambatan, Dari mulai kurangnya saranan dan prasarana dilapangan, tidak adanya rumah singgah untuk anak jalanan, kurangnya penanganan yang lebih intensif kepada anak jalanan, tidak melibatkan lembaga diluar pemerintah, para petugas Pos Sahabat Anak yang belum kompeten dan belum memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi dan rasa empati kepada anak jalanan, dan kondisi sosial ekonomi dilingkungan anak jalanan masih belum mendukung program Pos Sahabat Anak di Panyabungan ini.

Published
Oct 15, 2020
How to Cite
DHARMA, Surya; SARI, Ayu Nofita. IMPLEMENTASI PROGRAM POS SAHABAT ANAK UNIT PELAKSANA TEKNIS (UPT) PELAYANAN SOSIAL ANAK DINAS SOSIAL PROVINSI SUMATERA UTARA DI PANYABUNGAN. JURNAL GOVERNANCE OPINION, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 58-67, oct. 2020. ISSN 2716-3407. Available at: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/governanceopinion/article/view/847>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Section
Articles