PERANAN DPC PARTAI NASDEM KECAMATAN HILISERANGKAI DALAM MELAKSANAKAN PENDIDIKAN POLITIK UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT PADA PEMILU

  • Polinus Waruwu Universitas Darma Agung
  • Piki Darma Kristian Pardede Universitas Darma Agung
  • Falerianus Buulolo Universitas Darma Agung

Abstract

ABSTRAK


Penelitian yang telah dilakukan bertujuan untuk mengetahui peranan DPC Partai NasDem Kecamatan Hiliserangkai dalam melaksanakan pendidikan politik bagi masyarakat guna meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu dan faktor apa saja yang menjadi penghambat untuk pelaksanaan kegiatan pendidikan politik tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, dekumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan politik bagi masyarakat belum terlaksana secara maksimal dan totalitas Sehingga, tingkat partisipasi dan kesadaran masyarakat Kecamatan Hiliserangkai dalam pemilu tergolong masih rendah. Adapun faktor penghambatnya adalah keterbatasan anggaran pelaksanaan pendidikan politik dan latar belakang pendidikan masyarakat Kecamatan Hiliserangkai yang tergolong rendah serta infrastruktur jalan antara Desa di wilayah Kecamatan Hiliserangkai yang tergolong rusak berat sehingga susah untuk diakses dalam mengakomodasi pelaksanaan pendidikan politik.

Published
Oct 30, 2023
How to Cite
WARUWU, Polinus; PARDEDE, Piki Darma Kristian; BUULOLO, Falerianus. PERANAN DPC PARTAI NASDEM KECAMATAN HILISERANGKAI DALAM MELAKSANAKAN PENDIDIKAN POLITIK UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT PADA PEMILU. JURNAL GOVERNANCE OPINION, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 84 - 94, oct. 2023. ISSN 2716-3407. Available at: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/governanceopinion/article/view/3896>. Date accessed: 27 apr. 2024.
Section
Articles