IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGELOLAAN SAMPAH MELALUI PROGRAM BANK SAMPAH (STUDI PADA BANK SAMPAH INDUK PERMATA HATI-DLH KOTA MEDAN)

  • Muhammad Rivai Hasibuan Universitas Darma Agung
  • Saurlin Pandapotan Siagian Universitas Darma Agung
  • Notes Wau Universitas Darma Agung

Abstract

ABSTRAK

Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui Implementasi     Kebijakan Pengelolaan Sampah melalui Program Bank Sampah (Studi pada Bank Sampah Permata Hati-DLH Kota Medan) juga apa saja yang menjadi   faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi kebijakan tersebut. Kualitatif adalah metode yang digunakan dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data yang diterapkan adalah wawancara, meninjau langsung kelapangan serta menggunakan dokumentasi. Setelah data diperoleh lalu dianalisis menggunakan model Miles dan Hiberman. Riset ini menunjukkan bahwa Implementasi Kebijakan Pengelolaan Bank Sampah melalui Program Bank Sampah (Studi pada Bank Sampah Permata Hati-DLH Kota Medan) telah berjalan dengan baik. Hal tersebut dibuktikan dengan persyaratan konstruksi Bank Sampah yang telah sesuai dengan ketentuan yang berlaku, seperti telah dimilikinya ruang pelayanan, fasilitas kantor yang serba lengkap, wadah pemilah serta computer telah tersedia untuk proses kegiatan Bank Sampah,.pengurusan Bank Sampah telah dibekali pelatihan untuk menunjang kegiatan dalam proses pelaksanaan Bank Sampah, dan Mengenai penggajian sudah cukup terlaksana dengan baik. Sumber pendanaan yang ada di bank sampah Permata hati-DLH Kota Medan masih berasal dari uang kas yang dikumpulkan dari anggota bank sampah. Sosialisasi kepada masyarakat telah dilakukan. Pelayanan yang diberikan kepada nasabah sudah cukup baik. Kinerja Bank Sampah Permata Hati- DLH Kota Medan dinilai cukup baik. Adapun faktor pendukung dalam Implementasinya adalah organisasi yang baik, kerjasama dengan stakeholder yang baik, peran aktif nasabah, dan Sarana dan Prasarana yang Memadai. Sedangkan faktor penghambatnya adalah Sumber Daya Manusia dalam hal ini jumlah pengelola yang masih sedikit dan kurangnya penyertaan modal.

Published
Oct 27, 2023
How to Cite
HASIBUAN, Muhammad Rivai; SIAGIAN, Saurlin Pandapotan; WAU, Notes. IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGELOLAAN SAMPAH MELALUI PROGRAM BANK SAMPAH (STUDI PADA BANK SAMPAH INDUK PERMATA HATI-DLH KOTA MEDAN). JURNAL GOVERNANCE OPINION, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 62 - 67, oct. 2023. ISSN 2716-3407. Available at: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/governanceopinion/article/view/3892>. Date accessed: 27 apr. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)