PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KUALITAS LAYANAN LISTRIK PT. PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA (PLN) DI DESA HILIWOSI KECAMATAN ULUSUSUA KABUPATEN NIAS SELATAN

  • Madin Silalahi Universitas Darma Agung
  • Darmanto Giawa Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengkaji permasalahan persepsi masyarakat terhadap kualitas layanan Organisasi Tenaga Listrik NEGARA (PLN) di Desa Hiliwosi Kecamatan Ulususua Kabupaten Nias Selatan, Faktor faktor apa saja yang mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap kualitas layanan Organisasi Tenaga Listrik Negara (PLN) di Desa Hiliwosi Kecamatan Ulususua Kabupaten Nias Selatan. Penelitian ini tergolong pada tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan data yang diperoleh dari penelitian di Desa Hiliwosi sehingga ditarik kesimpulan Upaya Pemerintah Desa untuk mengatasi masalah baca meter adalah dengan Aparatur Pemerintah Desa Hiliwosi mendatangi kelapangan langsung, dan melakukan pendampingan dengan masyarakat untuk komplain ke PT. PLN dalam hal penggantian KWH yang buram/rusak, Sedangkan upaya PLN untuk mengatasi masalah keterlambaatan pembayaran tagihan listrik dari pelanggan adalah bagi pelanggan yang telat bayar akan ada sangsi yang tegas dari PLN. Sementara Faktor faktor apa saja yang mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap kualitas layanan Organisasi Tenaga Listrik NEGARA (PLN) di Desa Hiliwosi Kecamatan Ulususua Kabupaten Nias Selatan meliputi 3 faktor yaitu : (1). Faktor Fungsional, (2) Faktor Pengalaman, dan (3). Faktor Konsumsi.

Published
Jan 10, 2022
How to Cite
SILALAHI, Madin; GIAWA, Darmanto. PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KUALITAS LAYANAN LISTRIK PT. PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA (PLN) DI DESA HILIWOSI KECAMATAN ULUSUSUA KABUPATEN NIAS SELATAN. JURNAL GOVERNANCE OPINION, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 187-198, jan. 2022. ISSN 2716-3407. Available at: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/governanceopinion/article/view/1257>. Date accessed: 04 may 2024.
Section
Articles