HUBUNGAN KEPATUHAN DIET DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISA DI RSU BIDADARI BINJAI

  • Selli Dosriani Sitopu Universitas Darma Agung
  • Rosita Saragih Universitas Darma Agung
  • Nelly Sihotang Universitas Darma Agung

Abstract

Peningkatan kasus GGK setiap tahunnya, berkisar 50 orang dari satu juta penduduk  bera, 1,5 juta orang  menjalani hidup bergantung pada tindakan pengganti fungsi ginjal atau hemodialisa (HD). Hemodialisa akan merubah pola kehidupan seseorang, dari kebiasaan  pola makan, pola minum, pola tidur, terapi obat-obatan, dan aktivitas sehari-hari. Penderita GGK sering tidak mampu mengatur dietnya sesuai dengan syarat diet penderita GGK sehingga menyebabkan cairan tidak dikeluarkan dari tubuh yang akan menimbulkan edema di sekitar tubuh. Cairan  yang menumpuk  akan masuk ke paru-paru yang mengakibatkan mengalami sesak nafas. Perubahan pola makan dengan pembatasan asupan  makanan dan cairan pada pasien GGK, mengakibatkan menurunnya semangat hidup, bahkan dapat mempengaruhi kepatuhan pasien dalam pembatasan asupan cairan. Tujuan Penelitian ini untuk menganalisis hubungan kepatuhan diet dengan kualitas hidup pasien GGK yang menjalani hemodialisa di RSU Bidadari  Binjai. Jenis penelitian adalah deskriptif korelasi. Populasi penelitian adalah seluruh  pasien GGK yang menjalani HD sebanyak 45 orang dan seluruhnya menjadi sampel penelitian. Analisis data menggunakan uji Chi-quare dengan nilai 0,05 (p-value <0.05). Hasil penelitian mayoritas pasien patuh mengkonsumsi diet, kualitas hidup mayoritas baik. Hasil uji statistik diperoleh nilai p= 0.016 (p-value < 0,05) berarti ada hubungan kepatuhan diet dengan kualitas hidup pasien GGK yang menjalani HD. Semakin patuh dalam konsumsi diet maka kualitas hidup pasien akan semakin baik. Diharapkan pasien GGk tetap patuh untuk mengkonsumsi makanan dengan membatasi garam dan natrium, dan kurangi protein.

Published
Apr 17, 2023
How to Cite
SITOPU, Selli Dosriani; SARAGIH, Rosita; SIHOTANG, Nelly. HUBUNGAN KEPATUHAN DIET DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISA DI RSU BIDADARI BINJAI. JURNAL DARMA AGUNG HUSADA, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 16 - 23, apr. 2023. ISSN 2656-7350. Available at: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/darmaagunghusada/article/view/3118>. Date accessed: 29 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/darmaagunghusada.v10i1.3118.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)