HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG PHBS DENGAN KEJADIAN DIARE PADA BALITA DI DUSUN LUMBAN PANOPA DESA SIBORONG BORONG 1 KECAMATAN SIBORONG BORONG KABUPATEN TAPANULI UTARA

  • Hetti Marlina Pakpahan Universitas Darma Agung, Medan
  • Rosita Saragih Universitas Darma Agung, Medan
  • Winta Romauli Hutasoit Universitas Darma Agung, Medan

Abstract

Berbagai penyakit dapat mengganggu keluarga yang berhubungan dengan pola hidup sehat . PHBS merupakan cerminan kehidupan keluarga yang berupaya agar semua anggota keluarga tetap sehat. Diare pada balita disebabkan oleh kurangnya kebiasaan pola hidup sehat, sehingga dapat mempengaruhi pengetahuan ibu tentang apa yang menjadi faktor utama terjadinya diare. atau menyebabkan anak kecil.Tujuan penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah untuk menganalisis Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang PHBS Dengan Kejadian Diare Pada Balita Di Dusun Lumban Panopa Desa Siborong Borong 1 Kecamatan Siborong Borong kabupaten Tapanuli Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu yang memiliki Balita sebanyak 60 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi di jadikan sampel. teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling dan uji chi-square digunakan untuk analisis data dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan ibu tentang kejadian diare adalah diare dan ada hubungan pengetahuan dengan kejadian diare, p-value 0,000. Ketidaktahuan ibu tentang PHBS dapat menyebabkan diare pada anak kecil. Dusun Lumban Panopa disarankan untuk selalu menerapkan kebiasaan hidup bersih dan sehat untuk menjaga kesehatan lingkungan untuk mencegah diare terutama pada anak kecil dan anggota masyarakat.

Published
Oct 31, 2022
How to Cite
PAKPAHAN, Hetti Marlina; SARAGIH, Rosita; HUTASOIT, Winta Romauli. HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG PHBS DENGAN KEJADIAN DIARE PADA BALITA DI DUSUN LUMBAN PANOPA DESA SIBORONG BORONG 1 KECAMATAN SIBORONG BORONG KABUPATEN TAPANULI UTARA. JURNAL DARMA AGUNG HUSADA, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 32 - 39, oct. 2022. ISSN 2656-7350. Available at: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/darmaagunghusada/article/view/2398>. Date accessed: 14 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/darmaagunghusada.v9i2.2398.
Section
Articles