PERSEPSI REMAJA TENTANG LGBT ( LESBIAN, GAY, BISEKSUAL, DAN TRANSGENDER DI SMA SANTA LUSIA KECAMATAN PERCUT SEI TUAN KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN 2018

  • Erin Padilla Siregar Akper Harapan Mama Deli Serdang

Abstract

Remaja adalah masa dimana seorang manusia sedang berada dalam masa pencarian jati dirinya, ingin mengenal siapa dirinya sebenarnya. Seseorang dikatakan remaja jika ia sudah menginjak usia 17 tahun. Dan dalam usia ini seorang manusia biasanya ingin mencoba segala sesuatu yang baru dalam hidupnya. Muncul berbagai macam gejolak emosi, dan banyak timbul maslah baik dalam keluarga maupun lingkungan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi remaja tentang LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual, dan transgender berdasarkan persepsi internal (pengetahuan, sikap) dan persepsi eksternal (social ekonomi gaya hidup dan lingkungan). Adapun lokasi penelitian ini adalah SMA Santa Lusia Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang tahun 2018. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan instrument penelitian berupa data primer dengan menggunakan kuesioner. Adapun sampel yang digunakan sebanyak 60 remaja dengan cara mengambil sampel menggunakan rumus (random sampling) secara acak sistematis, yang mana dari total jumlah populasi yaitu sebanyak 120 orang, peneliti mengambil dalam kelipatan 2. Pengolahan data dilakukan dengan cara editing, coding, dan tabulating. Kemudian di analisa dengan melihat persentase data yang telah terkumpul dan di sajikan dalam benyuk tabel dan dilanjutkan membahas hasil penelitian dengan menggunakan teori yang ada. Dari hasil penelitian persepsi remaja tentang LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual Dan Transgender) di SMA Santalusia Kecamatan Seituan Kabupaten Deliserdang Tahun 2018 didapatkan hasil persepsi berdasarkan pengetahuan mayoritas dengan pengetahuan cukup sebanyak 28 responden (46%), berdasarkan sikap mayoritas dengan sikap tidak setuju sebanyak 32 responden (53,3%), berdasarkan social ekonomi mayoritas dengan adanya social ekonomi tinggi sebanyak 36 responden (60,0 %), berdasarkan gaya hidup mayoritas responden dengan gaya hidup sebanyak 34 responden (56,7%), dan berdasarkan lingkungan responden mayoritas dengan lingkungan perkotaan sebanyak 27 responden (45,0%). Kepad remaja diharapkan untuk lebih banyak mencari informasi (Lesbian, Gay, Biseksual Dan Trasgender).

Published
Apr 25, 2019
How to Cite
SIREGAR, Erin Padilla. PERSEPSI REMAJA TENTANG LGBT ( LESBIAN, GAY, BISEKSUAL, DAN TRANSGENDER DI SMA SANTA LUSIA KECAMATAN PERCUT SEI TUAN KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN 2018. JURNAL DARMA AGUNG HUSADA, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 69-76, apr. 2019. ISSN 2656-7350. Available at: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/darmaagunghusada/article/view/158>. Date accessed: 29 mar. 2024.
Section
Articles