HUBUNGAN PENGETAHUAN PERAWAT DENGAN PELAKSANAAN PERENCANAAN PULANG DI RUANG RAWAT INAP RS MARTHA FRISKA P. BRAYAN MEDAN TAHUN 2018

  • Romanti Ludo V. Sitanggang Universitas Darma Agung
  • Ester Mei Frida Universitas Darma Agung

Abstract

Perencanaan pulang (discharge planning) merupakan salah satu bagian penting dari pelaksanaa asuhan keperawatan. Kegiatan ini dimulai dari saat klien masuk rumah sakit dengan menggambarkan usaha kerja sama antara tim kesehatan, keluarga, klien, dan orang yang penting bagi klien. Adanya perencanaan pulang dapat mengurangi hari/lama perawatan pasien, mencegah kekambuhan, meningkatkan kondisi kesehatan pasien, menurunkan beban keluarga pasien dan menurunkan angka mortalitas dan morbilitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan perawat dengan pelaksanaan perencanaan pulang klien di ruang rawat inap RS Martha Friska P. Brayan Medan Tahun 2018. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Korelasi dengan sampelnya adalah perawat. Jumlah sampel yang diteliti sebanyak 56 responden, dengan menggunakan Teknik Total Sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Analisis data melalui dua tahapan, yaitu univariat untuk melihat distribusi frekuensi dan bivariat untuk melihat hubungan (chi square). Hasil penelitian menunjukkan mayoritas pengetahuan baik sebanyak 28 (50%) responden, pelaksanaan cukup sebanyak 23 (41.1%) responden. Berdasarkan hasil analisa uji chi square diketahui bahwa nilai p = 0,001 sehingga p<0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan pengetahuan perawat dengan pelaksanaan perencanaan pulang di ruang rawat inap RS Martha Friska P. Brayan Medan Tahun 2018.

Published
Feb 18, 2019
How to Cite
SITANGGANG, Romanti Ludo V.; FRIDA, Ester Mei. HUBUNGAN PENGETAHUAN PERAWAT DENGAN PELAKSANAAN PERENCANAAN PULANG DI RUANG RAWAT INAP RS MARTHA FRISKA P. BRAYAN MEDAN TAHUN 2018. JURNAL DARMA AGUNG HUSADA, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 25-31, feb. 2019. ISSN 2656-7350. Available at: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/darmaagunghusada/article/view/115>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)