PENGARUH Progressive Muscle Relaxation(PMR) TERHADAP KECEMASAN PADA PASIEN KANKER YANG MENJALANI KEMOTERAPI DI RSU MARTHA FRISKA BRAYAN MEDAN

  • Poniyah Simanullang, SKM, M.Kes Universitas Darma Agung

Abstract

Kemoterapi adalah salah satu terapi pilihan untuk pasien kanker, walaupun kemoterapimemiliki banyak efek samping yang sering membuat pasien cemas.Salah satu terapi perilaku yang digunakan untuk mengatasi kecemasan pada pasien yang menjalani kemoterapi akibat kanker adalah Progressive Muscle Relaxation (PMR).Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Pengaruh PMR TerhadapKecemasan Pada Pasien Kanker Yang Menjalani Kemoterapi di RSU Martha Friska Brayan Medan. Penelitian ini menggunakan rancangan quasi experiment pre and post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien kanker yang menjalani kemoterapi yaitu 50 orang.Sampel  sebanyak 50 orang responden dengan teknik accidental sampling. Kuesioner penelitian menggunakan Kuesioner Kecemasan yang diadopsi dari HADS. Data akan dianalisis menggunakan analisis bivariat dengan t-test. Hasil penelitian didapatkan kecemasan sebelum dilakukan PMR mayoritas memiliki tingkat kecemasan sedang  dan kecemasan sesudah PMR mayoritas memiliki tingkat kecemasan  ringan. Ada perbedaan nilai rata-rata tingkat kecemasan responden sebelum dan sesudah melaksanakan PMR  yaitu dari 2.24 menjadi 1.50. dengan nilai ρ value0.000 (ρ < 0.005).Kesimpulan penelitian ini adalah ada pengaruh PMR dalam menurunkan kecemasan pada pasien kanker yang menjalani kemoterapi.Diharapkan kepada manajemen rumah sakit terutama bidang keperawatan agar mempertimbangkan PMR sebagai salah satu tindakan mandiri keperawatan dalam menurunkan kecemasan pada pasien kanker yang menjalani kemoterapi.

Published
Feb 18, 2019
How to Cite
SIMANULLANG, Poniyah. PENGARUH Progressive Muscle Relaxation(PMR) TERHADAP KECEMASAN PADA PASIEN KANKER YANG MENJALANI KEMOTERAPI DI RSU MARTHA FRISKA BRAYAN MEDAN. JURNAL DARMA AGUNG HUSADA, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 1-8, feb. 2019. ISSN 2656-7350. Available at: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/darmaagunghusada/article/view/112>. Date accessed: 28 mar. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>