PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP PERUBAHAN RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR PERHOTELAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA DENGAN KURS MATAUANG SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI

  • Sri Murni Sinaga Universitas Darma Agung
  • Rasmulia Sembiring Universitas Darma Agung
  • Mangasi Sinurat Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh rasio keuangan terhadap perubahan return saham pada perusahaan sub sektor perhotelan yang terdaftar  di Bursa Efek Indonesia dengan kurs mata uang sebagai variabel pemoderasi. Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif, yaitu desain penelitian korelasional dimana obyek penelitian ini adalah Current Ratio (CR), Debt to equity ratio (DER), Net Income Margin (NPM), dan Dividend Payout Ratio (DPR) dan Currency Exchange to Stock Returns. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu metode dokumentasi. Sebagai alat untuk menganalisis data yang diolah dengan program SPSS 25 peneliti menggunakan analisis linear berganda. 1) variabel Present Ratio (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap saham Rasio (X4) dan Return Saham (Y). Kembali (Y). 9) Penukaran Mata Uang (Z) bukanlah variabel moderasi yang mempengaruhi hubungan antara Pembayaran Dividen (Y). 8) Kurs Mata Uang (Z) bukan merupakan variabel moderator yang mempengaruhi hubungan antara Net Margin (X3) dan Saham (Z) dapat menjadi variabel moderasi yang mempengaruhi hubungan antara Debt To Equity Ratio (X2) dengan Return Saham merupakan variabel pemoderasi yang mempengaruhi hubungan antara Current Ratio (X1) dan Return Saham (Y). 7) Penukaran Mata Uang berpengaruh besar secara simultan (simultan) terhadap variabel Return Saham (Y). 6) Penukaran Mata Uang (Z) bisa menjadi Debt To Equity Ratio (X2), Income Margin (X3), Dividend Payout Ratio (X4), dan Currency Exchange (Z) memiliki Variabel Payout Ratio (X4) tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel Return Saham (Y). 5) Rasio Arus Variabel (X1), (Y). 3) variabel Earning Margin (X3) berpengaruh signifikan terhadap variabel Return Saham (Y). 4) Dividen variabel kembalian (Y). 2) variabel Debt to Equity Ratio (X2) tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel Return Saham.

Published
Apr 30, 2022
How to Cite
SINAGA, Sri Murni; SEMBIRING, Rasmulia; SINURAT, Mangasi. PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP PERUBAHAN RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR PERHOTELAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA DENGAN KURS MATAUANG SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI. JURNAL CREATIVE AGUNG, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 81-90, apr. 2022. ISSN 2301-6175. Available at: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/creativeagung/article/view/1535>. Date accessed: 03 may 2024.
Section
Articles