ANALISIS EFEKTIVITAS BUMDes DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN MELALUI MODEL PENTAHELIX DI DESA WISATA SILALAHI II KECAMATAN SILAHISABUNGAN KABUPATEN DAIRI

  • Dormianna Panggabean Universitas Darma Agung
  • Bahagia Tondang Universitas Darma Agung
  • Padriadi Wiharjokusumo Universitas Darma Agung

Abstract

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan pendapatan desa diharapkan mampu memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan kunjungan wisatawan kaitannya dengan kesejahteraan masyarakat. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis upaya BUMDes dalam meningkatkan kunjungan wisatawan di desa wisata Silalahi II Kecamatan Silahisabungan Kabupaten Dairi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan wawancara tertulis dan terstruktur serta dipaparkan dalam tabel. Subjek penelitian diharapkan dapat memberikan informasi yang selengkap-lengkapnya tentang permasalahan yang diajukan. Adapun jumlah subjek penelitian berjumlah enam (6) orang dan masing-masing akan diberikan pertanyaan untuk menjawab lima (5) tema yang diajukan peneliti. Hasil dalam penelitian bahwa upaya BUMDes dalam meningkatkan kunjungan wisatawan di desa wisata Silalahi II Kecamatan Silahisabungan Kabupaten Dairi, adalah (1) Pemetaan produk dan pasar wisata yang berbasis pada konsep produk inti (core product) dan produk penunjang (supporting product); (2) Formulasi strategi yaitu target potensial destinasi pariwisata dan strategi pengembangan produk pariwisata, Customer Management serta Marketing Management desa wisata Silalahi II Kecamatan Silahisabungan Kabupaten Dairi; (3) Implementasi Strategi yaitu produk homestay desa wisata, pengembangan Customer Management, pengembangan Marketing Management, The Rising of Sharing Economy, menghubungkan supply dan demand, mendongkrak Market Size.

Published
Apr 30, 2022
How to Cite
PANGGABEAN, Dormianna; TONDANG, Bahagia; WIHARJOKUSUMO, Padriadi. ANALISIS EFEKTIVITAS BUMDes DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN MELALUI MODEL PENTAHELIX DI DESA WISATA SILALAHI II KECAMATAN SILAHISABUNGAN KABUPATEN DAIRI. JURNAL CREATIVE AGUNG, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 71-80, apr. 2022. ISSN 2301-6175. Available at: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/creativeagung/article/view/1534>. Date accessed: 16 may 2024.
Section
Articles