PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SIRUP MARKISA POHON PINANG PADA PT. IRIAN SUPERMARKET TEBING TINGGI

  • zainuddin zainuddin Universitas Darma Agung
  • Naikman Damanik

Abstract

Keputusan pembelian adalah hasil akhir dari sebuah evaluasi akan sebuah produk yang ditawarkan kepada konsumen. Informasi-informasi yang didapat atau diperoleh oleh konsumen akan dipertimbangkan sehingga menjadikannya sebuah keputusan untuk membeli produk. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas produk secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian sirup markisa pohon pinang pada PT. Irian Supermarket Tebing Tinggi. Populasi penelitian ini berjumlah 381 orang pelanggan Irian Super Market pada periode tahun 2018. Berdasarkan rumus Slovin dapat diketahui jumlah sampel penelitian adalah 79 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner, wawancara dan studi dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, regresi berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel harga produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk sirup markisa, dimana nilai t-hitung untuk variabel harga sebesar 7,570 > 1,992 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.  Semakin baik harga yang ditetapkan  dalam arti semakin sesuai harga dengan keinginan konsumen, maka konsumen cenderung akan memilih produk tersebut untuk digunakan. Variabel kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk sirup markisa, dimana 7,505 > 1,992 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.  Semakin baik kualitas produk, maka konsumen cenderung akan memilih produk tersebut untuk digunakan. Variabel harga dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk sirup markisa, dimana nilai Fhitung sebesar 409,143 > F tabel sebesar 3,117, dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.   Koefisien determinasi menunjukkan bahwa 91,50 %  dari variasi keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh harga dan kualitas produk secara serempak, sedangkan sisanya 8,50 % lagi dijelaskan oleh faktor lain yaitu seperti variabel promosi, saluran distribusi dan kualitas pelayanan.


 

Published
Jul 29, 2021
How to Cite
ZAINUDDIN, zainuddin; DAMANIK, Naikman. PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SIRUP MARKISA POHON PINANG PADA PT. IRIAN SUPERMARKET TEBING TINGGI. JURNAL CREATIVE AGUNG, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 139-163, july 2021. ISSN 2301-6175. Available at: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/creativeagung/article/view/1074>. Date accessed: 04 may 2024.
Section
Articles