ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN BAGIAN PEMASARAN PADA PT. HUTAHEAN PMKS GORA GAHANA PEKAN BARU

  • Claudia Christin Universitas Darma Agung
  • Aldwin Surya

Abstract

Kepuasan konsumen merupakan hal terpenting yang harus dicapai dalam suatu layanan. Hal ini dikarenakan apabila konsumen tidak puas dengan pelayan yang diberikan oleh perusahan, konsumen tidak akan berminat kembali membeli produk dari perusahaan tersebut. Kualitas pelayanan terhadap  konsumen mempunyai peranan yang sangat penting. PT Hutahaean PMKS Gora Gahana bergerak dalam bidang pelayanan jasa untuk masyaratkat, untuk itu meningkatkan kualitas pelayanan pada perusahaan sangat diperhatikan dalam memenuhi pelayanan yang diberikan oleh PT. Hutahaean PMKS Gora Gahana. PT. Hutahaean PMKS Gora Gahana dalam pelayanan yang diberikan sudah baik, pada kemampuan para karyawan dalam melayani keluhan para konsumen sudah sesuai dengan standar operasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap produk minyak kelapa sawit di kota pekan baru ditinjau dari faktor kehandalan, faktor daya tanggap, faktor jaminan, faktor empati, dan faktor bukti langsung. Pengumpulan data dilakukan oleh penulis dari perusahaan PT. Hutahaean PMKS Gora Gahana. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh secara langsung dari perusahaan berupa hasil pengamatan serta wawancara dengan menggunakan daftar pertanyaan kepada konsumen. Data sekunder diperoleh dari adanya  informasi baik dalam perusahaan maupun kepustakaan yang berkaitan dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen dalam perusahaan tersebut merasa puas atas pelayanan yang diberikan oleh karyawan, sehingga minat berkunjung kembali oleh konsumen semakin meningkat

Published
Jun 25, 2021
How to Cite
CHRISTIN, Claudia; SURYA, Aldwin. ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN BAGIAN PEMASARAN PADA PT. HUTAHEAN PMKS GORA GAHANA PEKAN BARU. JURNAL CREATIVE AGUNG, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 264-269, june 2021. ISSN 2301-6175. Available at: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/creativeagung/article/view/1028>. Date accessed: 02 may 2024.
Section
Articles