PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE KOOPERATIF MODEL TPS PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 1 TANJUNG MORAWA

  • Ade Iswiwiyanti UPT SPF SMP Negeri 1 Tanjung Morawa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak dari gabungan metode ceramah dengan metode kooperatif model TPS terhadap prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Tanjung Morawa. Penelitian dilakukan selama tiga siklus pembelajaran dengan fokus pada peningkatan ketuntasan belajar siswa, motivasi belajar, dan interaksi antar siswa dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam prestasi belajar siswa. Penerapan gabungan metode ceramah dengan metode kooperatif model TPS meningkatkan tingkat ketuntasan belajar siswa dari siklus I (66,67%), siklus II (75,00%), hingga siklus III (87,50%). Selain itu, penerapan metode ini juga mempengaruhi motivasi belajar siswa. Rata-rata jawaban siswa menunjukkan bahwa siswa menunjukkan antusiasme yang tinggi terhadap gabungan metode ceramah dengan metode kooperatif model TPS, yang memotivasi mereka untuk belajar dengan lebih sungguh-sungguh. Interaksi antar siswa juga mengalami perbaikan, di mana siswa yang lebih mampu dalam suatu kelompok membantu siswa yang kurang mampu dalam kelompoknya. Hal ini mencerminkan adanya kolaborasi dan kerja sama yang positif di antara siswa.

Published
Oct 16, 2023
How to Cite
ISWIWIYANTI, Ade. PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE KOOPERATIF MODEL TPS PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 1 TANJUNG MORAWA. JURNAL PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 100 - 111, oct. 2023. ISSN 2088-8376. Available at: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/civiceducation/article/view/3884>. Date accessed: 12 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ppkn.v5i1.3884.
Section
Articles