HUBUNGAN PENGHAYATAN NILAI-NILAI NASIONALISME DAN PATRIOTISME DENGAN KEDISPLINAN BELAJAR SISWA KELAS XI SMA IMMANUEL MEDAN SEMESTER GANJIL TAHUN 2022

  • Ervina Manik Universitas Darma Agung
  • Henni Emmiana Sihotang Universitas Darma Agung
  • Manahan Manulang Universitas Darma Agung
  • Alimin Purba Universitas Darma Agung

Abstract

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan yang signifikan antara penghayatan nilai nilai nasionalisme dan patriotisme dengan kedisplinan belajar siswa SMA Immanuel medan  semester ganjil tahun 2022. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi dalam penilitan ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA berjumlah 45 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pengambilan sampel teknik total sampel yaitu pengambilan sampel sebanyak populasi sejumlah 45 orang. Hubungan penghayatan nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme yang valid 11 item sedangkan untuk kedisiplinan belajar siswa yang valid 9 item  Instrumen dalam penelitian ini adalah  angket yang terdiri dari 15 item yang memiliki 4 pilihan yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil uji persyaratan Analisis normalitas. data penghayatan nilai nilai nasionalisme dan patriotisme berdistribusi normal dengan hasil  perhitungan x2hitung < x2tabel (11,06< 61,65). Data normalitas kedisplinan belajar berdistribusi normal dengan hasil perhitungan x2hitung < x2tabel (8,96 < 61,65). Hasil uji linearitas data penghayatan nilai nilai nasionalisme dan patriotisme dengan kedisplinan belajar adalah linear dengan persamaan Y = 4,78 +0,686 dikonsultasikan dengan Ftabel diperoleh Fh>Ft ( 13,3 >4,04). Uji kecenderungan Penghayatan nilai nilai nasionalisme dan patriotisme(X  kategorikan cenderung tinggi (33,6%) dan kedisplinan belajar (Y) kategori cendrung baik ( 35,55%). Hasil uji korelasi product moment yang diperoleh rhitung > rtabel( 0,780 > 0,288). hasil uji t diperoleh thitung > ttabel                 ( 8,609 >0,288). maka hal ini menunjukan ada hubungan yang signifikan antara penghayatan nilai nilai nasionalisme dan patriotisme dengan kedisplinan belajar siswa di kelas XI SMA Immanuel medan semester ganjil  tahun 2022

Published
Jun 7, 2023
How to Cite
MANIK, Ervina et al. HUBUNGAN PENGHAYATAN NILAI-NILAI NASIONALISME DAN PATRIOTISME DENGAN KEDISPLINAN BELAJAR SISWA KELAS XI SMA IMMANUEL MEDAN SEMESTER GANJIL TAHUN 2022. JURNAL PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 27 - 34, june 2023. ISSN 2088-8376. Available at: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/civiceducation/article/view/3314>. Date accessed: 09 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ppkn.v5i1.3314.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>