Respon Pertumbuhan Dan Produksi Tanaman Padi (Oriza sativa L.) Akibat Pemberian Pupuk Anorganik Berbeda Nyata Dengan Akibat Pemberian Pupuk Organik.

  • Bonardo Bonardo Universitas Darma Agung

Abstract

Perbedaan respon pertumbuhan dan produksi tanaman padi (Oriza sativa L.) akibat pemberian pupuk anorganik dan organik, dibimbing oleh Bilter A. Sirait dan Tiurmaida Nainggolan.Penelitian ini bertujuan untuk menguji respon pertumbuhan dan produksi tanaman padi (Oriza sativa L.)akibat pemberian pupuk anorganik dan pupuk organik.Penelitian ini dilaksanakan di Desa Sidodadi Ramonia, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang.Penelitian ini menggunakan metode kontras dengan dua perlakuan yaitu perlakuan pupuk anorganik dan pupuk organik. Parameter yang diamati adalah tinggi tanaman, jumlah anakan, umur keluar malai, anakan produktif, umur panen, jumlah spiklet/malai, persentase gabah hampa, bobot kering 1000 butir gabah, dan bobot kering gabah/ tanaman. Hasil yang diperoleh adalah bahwa pemberian pupuk anorganik dan pupuk organik menunjukkan perbedaan yang nyata pada parameter tinggi tanaman, jumlah anakan, umur keluar malai, anakan produktif,  jumlah spiklet/malai, jumlah gabai atau malai, bobot kering gabah/ tanaman dan tidak berbeda nyata pada parameter umur keluar malai, umur panen, persentase gabah hampa, bobot kering 1000 butir gabah. Pada umumnya pupuk anorganik memberikan pertumbuhan padi yang lebih tinggi dari pada perlakuan pupuk organik.

Published
May 11, 2020
How to Cite
BONARDO, Bonardo. Respon Pertumbuhan Dan Produksi Tanaman Padi (Oriza sativa L.) Akibat Pemberian Pupuk Anorganik Berbeda Nyata Dengan Akibat Pemberian Pupuk Organik.. JURNAL AGROTEKDA, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 36-45, may 2020. ISSN 2715-2413. Available at: <http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/agrotekda/article/view/490>. Date accessed: 30 apr. 2024.
Section
Articles