PERENCANAAN CAKE BREAKER SCREW CONVEYOR DENGAN KAPASITAS 60 TON TBS/JAM DI PT. PERKEBUNAN WILMAR GROUP POM-GRESINDO MINANG PLANTATION

  • Rezza Mahendra Universitas Darma Agung
  • T. Hasballah Universitas Darma Agung
  • Kristian Tarigan Universitas Darma Agung
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## http://dx.doi.org/10.46930/teknologimesin.v5i1.4479

Abstrak

Pada dunia industrikhususnya pada bagian pesawat pengangkut dan pemindahan bahan serta pendistribusian bahan, keberadaan mesin pemindah bahan dan pengangkut bahan memegang peranan yang sangat penting, penggunaan alat pemindah dan pengangkut bahan sangat membantu kelancaran suatu proses produksi. Jenis pemindah dan pengangkut bahan dalam sebuah pabrik harus dipilih dengan proses produksi yang ideal. Bagaimana cara merencanakan kembali Cake Breaker Screw Conveyor pemisah inti kelapa sawit menjadi kapasitas yang lebih besar agar seluruh orderan dari dalam maupun luar dapat diterima di PKS. Metode melakukan survey adalah dengan cara melakukan survey atau melihat secara langsung di pabrik di pabrik kelapa sawit (PKS) di PT. Gresindo Minang Plantation. Lingkuang aua, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat. Dilihat dari hasil perencanaan yang dilakukan maka didapat berat material tumpukan permeter adalah 11,5 kg/m, jenis material yang diangkut adalah inti kelapa sawit yang berat maksimum sebuah inti dengan pengukuran harga rata-rata material yang diangkut adalah (0,6 Gram). Untuk kapasitas angkut maksimum Cake Breaker Screw Conveyor ini setelah direncanakan adalah 60 ton TBS/Jam dengan lebar rumah conveyor yang direncanakan adalah 750 mm dan panjang lintasan 27,4 m dan juga kecepatan putar elektromotor penggerak diperoleh 1500 rpm dan daya motor penggerak sebesar 22 kW.

Diterbitkan
Jun 10, 2024
##submission.howToCite##
MAHENDRA, Rezza; HASBALLAH, T.; TARIGAN, Kristian. PERENCANAAN CAKE BREAKER SCREW CONVEYOR DENGAN KAPASITAS 60 TON TBS/JAM DI PT. PERKEBUNAN WILMAR GROUP POM-GRESINDO MINANG PLANTATION. Jurnal Teknologi Mesin UDA, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 87 - 92, june 2024. ISSN 2776-2068. Tersedia pada: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/teknologimesin/article/view/4479>. Tanggal Akses: 03 july 2024 doi: http://dx.doi.org/10.46930/teknologimesin.v5i1.4479.
Bagian
Articles