@article{teknologimesin, author = {Eka Br Barus and Emelda Thesalonika and Nancy Purba}, title = { PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 097805 RAMBUNG MERAH}, journal = {Jurnal Teknologi Mesin UDA}, volume = {2}, number = {2}, year = {2025}, keywords = {}, abstract = {Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V pada pembelajaran jenis usaha dengan mengelola sumber daya alam di SD Negeri 097805 Rambung Merah atau tidak. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian Pre- Eksperimental Design yang menggunakan desain \"One Group Pretest Posttest Design\". Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 097805 Rambung Merah yang berjumlah 23 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pemberian tes, pretest dan posttest. Pada penelitian ini diperoleh nilai rata-rata pretest 55,13, sedangkan pada posttest diperoleh 85,57 yang artinya bahwa nilai rata-rata posttest lebih unggul dari nilai rata-rata pretest. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa t_hitung 13.726 dan t_(tabel ) 1.717 maka diperoleh t_hitung > t_(tabel ) atau 13.726 > 1.717 dengan taraf signifikan 0.05. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V pada pembelajaran jenis usaha dengan mengelola sumber daya alam di SD Negeri 097805 Rambung Merah. Ini berarti H_a diterima dan H_0 ditolak.}, doi = {10.46930/teknologimesin.v2i2.5506}, url = {https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/teknologimesin/article/view/5506} }