ANALISIS PONDASI PADA PROYEK UNDER PASS SEI GALANG JALAN TOL MEDAN KUALANAMU-TEBING TINGGI STA 42+600-STA 42+750
Abstract
Pondasi iyalah struktur bawah bangunan berhubungan langsung dengan tanah, mempunyai fungsi untuk menahan beban bangunan yang ada diatasnya. Ada 2 macam pondasi, yaitu pondasi dangkal dan dalam. Untuk melakukan perencanaan pondasi tiang dapat digunakan beberapa pendekatan untuk memprediksi daya dukung dari pondasi. Pendekatan tersebut dapat didasarkan pada kondisi tanah serta pembebanan yang ada dengan menggunakan berbagai metode. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung daya dukung tiang pancang berdasarkan information sondir. Dalam penelitian ini Pembangunan jalan tol Medan-Kualanamu – Tebing Tinggi STA 42+600 – STA 42+750. Metode yang digunakan yaitu metode Meyerhofff dan metode Hary Christady. Tiang pancang dalam penelitian dengan diameter 60 cm. Hasil analisis menunjukkan daya dukung tiang kelompok berdasarkan hasil perhitungan sondir. Hasil dari analisis sondir pada kedalaman 14 m sudah memiliki daya dukung ultimate (Qu) = 2163, 186 ton, menggunakan diameter tiang 0,6 m maka diperlukan sebanyak 28 buah tiang.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.