PERSONALITY TRAITS AND STUDENT CO-CREATION IN HIGHER EDUCATION CONTEXT IN INDONESIA

  • Alexander Barus Universitas IBBI
  • Rahelina Ginting Universitas Darma Agung
  • Conrad Bombongan Universitas IBBI
  • Yusuf Aulia Lubis Universitas Darma Agung
  • Jhonson Monang Siburian Universitas Darma Agung
  • Sipur Sipur Universitas IBBI

Abstract

Penciptaan nilai bersama merupakan metapora dari perspektif service-dominant logic. Perspektif ini menggambarkan perubahan mahasiswa pasif menjadi mahasiswa aktif. Pada konteks perguruan tinggi, pengelola perguruan tinggi harus merubah cara memandang mahasiswa, mahasiswa bukan objek, melainkan subjek atas pendidikan. Implikasi pergeseran cara pandang, pengelola perguruan tinggi harus melakukan reformasi secara luas dan serius dalam memandang dan menempatkan mahasiswa pelaku perubahan itu sendiri. Penelitian ini bersifat deduktif, uji hipotesis, penentuan sampel secara purposive sampling dan pengambilan sampel secara konvinien, responden mahasiswa perguruan tinggi di Indonesia, pengumpulan data dengan survey-kuesioner dengan google form, menggunakan SPSS 21 dan SmaratPLS 3 dalam mengelola data dan uji hipotesis. Openness to experience dan conscientiousness mahasiswa secara masing-masing berpengaruh signifikan dan positif terhadap perilaku penciptaan bersama mahasiswa. Perilaku penciptaan bersama berdampak signifikan dan positif terhadap pengalaman mahasiswa di perguruan tinggi. Memahami sifat kepribadian mahasiswa penting dalam rangka mendorong partisipasi aktif mahasiswa di perguruan tinggi di Indonesia. Agenda penelitian kedepan, untuk mempertimbangkan variabel situasi sebagai variabel moderating. Perilaku hanya terjadi pada ruang tidak hampa.

Published
Jun 28, 2024
How to Cite
BARUS, Alexander et al. PERSONALITY TRAITS AND STUDENT CO-CREATION IN HIGHER EDUCATION CONTEXT IN INDONESIA. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 32, n. 3, p. 422 - 434, june 2024. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/4472>. Date accessed: 24 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v32i3.4472.
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)

<< < 2 3 4 5 6 7