PENGARUH MODEL PAKEM SISTEM DARING TERHADAP HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI PERUMUSAN DAN PENETAPAN PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 26 MEDAN T.A.2021/2022

  • Rosma Nababan Universitas Darma Agung
  • Nemalia Hutauruk Universitas Darma Agung
  • Lusi Perawati Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang siginfikan model pembelajaran PAKEM sistem daring terhadap hasil belajar PKn pada materi perumusan dan penetapan pancasila sebagai dasar negara kelas VII SMP Negeri 26 Medan Tahun Ajaran 2021/2022.Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 26 Medan yang terdiri 5 kelas.Sampel dalam penelitian ini di ambil dua kelas dengan teknik cluster random sampling . Kelas VII A yang berjumlah 15 orang  sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan Model Pembelajaran PAKEM sistem daring dan  Kelas VII B yang berjumlah 15 orang  sebagai kelas kontrol yang diajar dengan Model Pembelajaran Langsung sistem daring. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berbentuk pilihan berganda dengan jumlah 14 item dan 4 option (a,b,c,d,) yang sebelumnya telah  diujicobakan untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda tes. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 41,4 dengan standar deviasi 8,14 dan untuk kelas kontrol nilai rata-rata 37,87 dengan standar deviasi 5,22.Dari hasil uji t dua pihak diperoleh thitung=1,219 dan ttabel= 2,05 karena thitung<ttabel, maka ini menyatakan bahwa kemampuan awal kedua kelas adalah sama. Selanjutnya diberi perlakuan yang berbeda. Diakhir pembelajaran diberikan post tes, diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 80,67 dengan standar deviasi 8,53 dan nilai rata-rata kelas kontrol 72,22 dengan standar deviasi 8,69. Hasil Uji normalitas diperoleh harga Ltabel = 0,22 dan hasil uji Homogenitas diperoleh harga Ftabel = 2,48.Hasil uji statistik uji t satu pihak diperoleh thitung = 7,05 dan ttabel = 1,70 pada taraf nyata α = 0,05,dengan dk sebanyak 28.Karena thitung > ttabel yaitu (7,05 > 1,70) maka hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model PAKEM sistem daring terhadap hasil belajar PKn pada materi perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara kelas VII SMP Negeri 26 Medan Tahun Ajaran 2021/2022.

Published
Dec 16, 2021
How to Cite
NABABAN, Rosma; HUTAURUK, Nemalia; PERAWATI, Lusi. PENGARUH MODEL PAKEM SISTEM DARING TERHADAP HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI PERUMUSAN DAN PENETAPAN PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 26 MEDAN T.A.2021/2022. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 29, n. 3, p. 448–464, dec. 2021. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/1245>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v29i3.1245.
Section
Artikel