@article{OJSUDA, author = {Farichatul Khafidah and Muhafidhah Novie and Laily Muzdalifah and Edita Rachma Kamila}, title = { PENGARUH SOSIAL MEDIA MARKETING DAN FEAR OF MISSING OUT (FOMO) TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PRODUK SKINCARE VIRAL MELALUI EMOSI POSITIF STUDI KASUS GEN-Z SIDOARJO}, journal = {Jurnal Darma Agung}, volume = {33}, number = {2}, year = {2025}, keywords = {}, abstract = {Perkembangan teknologi dan media sosial telah mengubah pola konsumsi masyarakat, terutama di kalangan Gen-Z. Salah satu tren yang berkembang adalah meningkatnya pembelian impulsif produk skincare viral yang dipengaruhi oleh strategi sosial media marketing dan Fear of Missing Out (FOMO). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sosial media marketing dan FOMO terhadap pembelian impulsif produk skincare viral melalui emosi positif pada Gen-Z di Sidoarjo. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner dengan cara daring menggunakan teknik purposive sampling pada 170 responden. Analisis data dilakukan menggunakan perangkat lunak Smart PLS dengan Uji validitas, reliabilitas, R-square, F-square, serta Uji pengaruh langsung dan tidak langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sosial media marketing berpengaruh signifikan terhadap pembelian Impulsif dengan nilai signifikansi 0,023 (< 0,05), baik secara langsung maupun melalui emosi positif sebagai variabel mediasi. Sementara itu, FOMO memiliki nilai signifikansi 0,511 (> 0,05), yang berarti berpengaruh langsung terhadap pembelian Impulsif tanpa peran mediasi emosi positif pada pembelian skincare viral Gen-Z di Sidoarjo, Temuan ini menunjukkan bahwa perkembangan teknologi dan penggunaan media sosial yang semakin intensif berkontribusi terhadap perubahan pola konsumsi, khususnya dalam pembelian Impulsif di kalangan Gen-Z}, issn = {2654-3915}, pages = {1--20}, doi = {10.46930/ojsuda.v33i2.5590}, url = {https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/5590} }