@article{OJSUDA, author = {Ode Hadiyanto and Pieter Pelupessy and Tontji Soumokil and Jeffry Leiwakabessy}, title = { DINAMIKA INTERAKSI SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN DI MTSS AL MADINAH KECAMATAN SIRIMAU KOTA AMBON}, journal = {Jurnal Darma Agung}, volume = {32}, number = {4}, year = {2024}, keywords = {}, abstract = {Tujuan penelitian adalah menganalisis faktor-faktor penghambat dan peluang interaksi sosial pembelajaran di MTsS Al Madinah kota Ambon. Berdasarkan analisis hasil penelitian, faktor-faktor penghambat interaksi sosial dalam pembelajaran di MTsS Al Madinah meliputi ketidakpercayaan diri dan rasa malu siswa saat berinteraksi, ketidaksiapan siswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran, perbedaan status sosial antara siswa beda tingkatan kelas, dan kesenjangan dalam pemahaman konsep dasar yang dimiliki siswa. Sedangkan faktor – faktor peluang interaksi sosial yang ada di MTsS Al Madinah tercipta melalui berbagai program pengembangan diri seperti kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan pembiasaan yang dijalankan di sekolah. Program ekstrakurikuler seperti pramuka, OSIS, dan pelatihan olimpiade dan kegiatan pembiasaan seperti apel pagi, murajaah hafalan Al-Quran, piket kebersihan, kerja bakti di lingkungan sekolah, dan Metode pembelajaran yang mendorong kerja kelompok, presentasi, dan diskusi juga berkontribusi pada terciptanya interaksi sosial yang konstruktif antara siswa dan guru, serta antarsiswa. Untuk medapatkan data yang akurat dan Valid, peneliti menggunakan penelitian kualitatif. Data yang didapatkan di lokasi penelitian diperoleh melalui empat strategi, yakni Observasi, wawancara secara tertruktur kepada informan utama, dan pendukung,dan dokumentasi. Setelah data dikumpulkan, peneliti melakukan analisis dengan prosedur analisis data kualitatif. yaitu reduksi data, menyajikan data.}, issn = {2654-3915}, pages = {49--59}, doi = {10.46930/ojsuda.v32i4.4567}, url = {https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/4567} }