@article{OJSUDA, author = {R. Parhusip and Hartono S and Yason Mendrofa and Heryanto Heryanto and Nanda Situmorang and Diana Panjaitan}, title = { PENGARUH MODEL PEBELAJARAN JIGSAWBERBANTUAN AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV SD}, journal = {Jurnal Darma Agung}, volume = {32}, number = {2}, year = {2024}, keywords = {}, abstract = {Setiap insan manusia memperoleh hak untuk mendapatkan ilmu pendidikan, pendidikan meliputi perubahan etitude dan budi pekerti yang baik dan taraf kehidupannya lebih baik juga, dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sosial model pembelajaran Jigsaw berbantuan audio visual menjadikan siswa aktif dalam kegiatan proses pembelajaran mengajar sesuai harapan yang ada di kurikulum merdeka. Keberhasilan peserta didik didik sangat dipengaruhi kualiatas, kompegtensi pendidik. Pendidik disamping tugas pokoknya memberikan ilmu pengetuan kepada anak didiknya,seorang pendidik dituntut dapat menjadi contoh yang baik terhadap anak didiknya sekaligus dapat meningkatkan Hasil belajarbelajar peserta didiknya. Penelitian ini mempunyai variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y). Desain dalam penelitian digunakan pretest-posttest non-equivalent. Dilaksanakan di sekolah dasar Xaverius kelas empat sekolah dasar Pasar III Kecamatan Namorambe, dari pengujian uji hipotesis diperoleh pada derajat kebebasan dan nilai Hasil belajardari 23 siswa nilai rerata 72,73, terbukti berkontribusi yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran Jigsaw berbantuan audio visual terhadap Hasil belajar belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sosial materi gaya magnet.}, issn = {2654-3915}, pages = {718--723}, doi = {10.46930/ojsuda.v32i2.4230}, url = {https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/4230} }