@article{OJSUDA, author = {Nani Rezeki}, title = { PENGARUH METODE DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR KELAS IX SEMESTER II DI SMA SWASTA METHODIST 7 MEDAN T.P 2017/2018}, journal = {Jurnal Darma Agung}, volume = {26}, number = {1}, year = {2018}, keywords = {}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan metode diskusi terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor kelas IX semester II SMA Methodist 7 Medan T.P 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMA Methodist 7 Medan T.P 2017/2018. Terdiri dari 4 kelas dengan jumlah 160 siswa dan sampel penelitian diambil 2 kelas yaitu XA dan XB dengan cara acak (cluster random sampling) dimana kelas XA sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan metode diskusi dan XB sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan menggunakan metode ceramah, dan masing – masing kelas terdiri dari 40 orang. Instrumen penelitian ini menggunakan tes pilihan berganda, sebanyak 20 soal yang terdiri dari 5 pilihan yang terlebih dahulu diuji cobakan terhadap siswa diluar sampel, untuk mengetahui validitas, reabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretes untuk kelas eksperimen 57,25 dengan standar deviasi 13,15 dan nilai rata-rata pretes untuk kelas kontrol 55,375 dengan standar deviasi 12,056. Dari hasil uji kesamaan diperoleh thitung = 0,664 dan ttabel = 1,994. Karena thitung < ttabel hal ini menunjukkan kemampuan awal kedua kelas adalah sama. Kemudian diberikan perlakuan untuk kelas eksperimen metode diskusi dan kelas kontrol metode ceramah. Setelah pembelajaran berakhir dilakukan postes diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 75,63 dengan standar deviasi 9,0714 dan nilai rata-rata postes kelas kontrol 68,50 dan standar deviasi 7,860. Hasil uji statistik diperoleh harga thitung = 3,763 dan ttabel = 1,667 dan dk = 78 diperoleh thitung > ttabel, hal ini menunjukkan hipotesis ada pengaruh yang signifikan metode diskusi terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor kelas IX Semester II SMA Methodist 7 Medan T.P 2017/2018.}, issn = {2654-3915}, pages = {499--509}, doi = {10.46930/ojsuda.v26i1.34}, url = {https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/34} }