TY - JOUR AU - SIBORO, ASIROHA PY - 2019 TI - PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK DI KELAS X SEMESTER II SMA SWASTA RAKSANA MEDAN T.P 2015/2016 JF - Jurnal Darma Agung; Vol 24 No 3 (2016): DESEMBER 2016 DO - 10.46930/ojsuda.v24i3.148 KW - N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok gelombang elektromagnetik di kelas X semester II SMA Swasta Raksana Medan T.P 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan menggunakan two group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Raksana Medan T.P 2015/2016 yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling terpilih 2 kelas yaitu kelas X-2 terdiri dari 40 siswa sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran Mind Mapping dan kelas X-1 terdiri dari 40 siswa sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda berjumlah 20 soal dengan lima option (a,b,c,d,dan e) yang terlebih dahulu diuji cobakan terhadap siswa di luar sampel yang sudah mempelajarinya untuk mengetahui validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran soal. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen dan berdistribusi normal. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 36,25 dengan simpangan baku 13,48 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 36 dengan simpangan baku 12,25. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 0,088 dan ttabel = 1,994, karena thitung < ttabel maka kemampuan awal kedua kelas adalah sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, setelah pembelajaran selesai dilakukan postes, sehingga diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 73,75 dengan standar deviasi 12,39 dan nilai rata-rata postes kelas kontrol adalah 66 dengan standar deviasi 11,83. Berdasarkan hasil uji statistika diperoleh thitung = 2,913 dan ttabel = 1,667 pad taraf signifikansi α = 0,05 dan dk 78. Karena thitung > ttabel hal ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok gelombang elektromagnetik di Kelas X Semester II SMA Swasta Raksana Medan T.P 2015/2016 UR - https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/148