HUBUNGAN TINGKAH LAKU SISWA DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI SMP SWASTA TALITAKUM 2021/2022

  • Selamat Karo-Karo Universitas Darma Agung
  • James Simangunsong Universitas Darma Agung
  • Putri S.R. Gultom Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara tingkah laku siswa dengan hasil belajar Pendidikan Agama Kristen SMP Swasta Talitakum Medan 2021/2022 Jenis penilitian ini adalah diskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII `SMP Swasta Talitakum Medan T.P 2021/2022. Yang beragama Kristen 40 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan angket yang berjumlah 23 soal dengan empat pilihan di uji cobakan kekelas yang lebih tinggi untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket. Hasil uji persyaratan analisis diperoleh data bahwa tingkah laku siswa di SMP Swasta Talitakum Medan T.P 2021/2022 berdistribusi normal X2hitung < X2tabel = (9,511 < 11,07). Data Hasil Belajar PAK di SMP Swasta Talitakum Medan T.P 2021/2022 berdistribusi normal X2hitung < X2tabel = (8,364 < 11,07) Hasil Uji linearitas tingkah laku siswa dengan hasil belajar PAK di SMP Swasta Talitakum Medan T.P 2021/2022 adalah linear dengan persamaan Y = 46,612 + 0,452 X dikonsultasikan dengan  Fhitung (22,574) > Ftabel (4,10). Hasil uji kecenderungan diperoleh tingkah laku siswa kategorikan “sangat tinggi” (40%) dan hasil belajar Pendidikan Agama Kristen dikategorikan “tinggi” (27,5%). Berdasarkan hasil uji korelasi diperoleh rhitung = 0,611 dengan mengkonsultasikan terhadap nilai rtabel yang dimana rtabel untuk taraf signifikan 0,05

Published
Jul 31, 2020
How to Cite
KARO-KARO, Selamat; SIMANGUNSONG, James; GULTOM, Putri S.R.. HUBUNGAN TINGKAH LAKU SISWA DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI SMP SWASTA TALITAKUM 2021/2022. JURNAL PENDIDIKAN RELIGIUS, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 143 - 153, july 2020. ISSN 2686-5459. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalreligi/article/view/2077>. Date accessed: 24 nov. 2024.
Section
Articles