@article{jurnalreligi, author = {Martha Simanjuntak}, title = { HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI YANG ALKITABIAH DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS XI SMK BM I DARMA BAKTI MEDAN T.A. 2015/2016}, journal = {JURNAL PENDIDIKAN RELIGIUS}, volume = {1}, number = {1}, year = {2019}, keywords = {}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antarakonsep diri yang Alkitabiah dengan kecerdasan emosional siswa kelas XISMK BM I Darma Bakti Medan Tahun Ajaran 2015/2016. Populasi dalampenelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK BM I Darma Bakti MedanTahun Ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 2 kelas yakni kelas AP dan kelasTKJ dengan jumlah siswa 20 orang. Hasil penelitian ini menunjukkanbahwa hasil uji persyaratan analisis normalitas data konsep diri yangAlkitabiah di Kelas XI SMK BM I Darma Bakti Medan Tahun Ajaran2015/2016 berdistribusi normal dengan hasil < < = 28,39 <39,99 pada taraf signifikan 5%. Data normalitas kecerdasan emosional siswaberdistribusi normal dengan hasil < (12,89 < 39,99) pada tarafsignifikan 5%. Hasil persyaratan analisis lineritas data konsep diri yangAlkitabiah dengan kecerdasan emosional siswa adalah linier denganpersamaan Y = 5259,3 + 0,0645X dikonsultasikan dengan , maka> (19,57 > 4,53), dengan hasil uji kecenderungan diperoleh konsep diriyang Alkitabiah dengan kategori “sangat tinggi” (60%) dan kecerdasanemosional siswa dengan kategori “sedang” (35%). Berdasarkan hasil analisisdilakukan uji hipotesis dan diperoleh nilai koefisien korelasi adalah =0,555 dengan mengkonsultasikan terhadap nilai pada taraf signifikan 5%dengan jumlah responden 20 orang diperoleh = 0,444. Oleh karena> yaitu (0,555 > 0,444), maka hal ini menunjukkan bahwahipotesis yang diajukan dapat diterima artinya hubungan konsep diri yangAlkitabiah dengan kecerdasan emosional siswa kelas XI SMK BM I DarmaBakti Medan Tahun Ajaran 2015/2016 sebagaimana bunyi hipotesis adalahtidak kelihatan secara signifikan. Namun, dengan mengkonsultasikan padaanalisa statistik, maka disimpulkan bahwa terdapat hubungan konsep diriyang Alkitabiah dengan kecerdasan emosional siswa kelas XI SMK BM IDarma Bakti Medan Tahun Ajaran 2015/2016, tetapi tidak signifikan.}, issn = {2686-5459}, pages = {12--17}, url = {https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalreligi/article/view/167} }