@article{jurnalreligi, author = {Marioga Pardede}, title = { PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN PADA MATERI POKOK GAYA HIDUP MODERN SISWA KELAS XI SMK T.D.PARDEDE FOUNDATION T.A. 2017/2018}, journal = {JURNAL PENDIDIKAN RELIGIUS}, volume = {1}, number = {1}, year = {2019}, keywords = {}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dankeaktifan siswa melalui penerapan model Penerapan Model PembelajaranBerbasis Masalah pada Materi Pokok “Gaya Hidup Modern” Siswa Kelas XISMK T.D.PARDEDE FOUNDATION T.A. 2017/2018. Jenis penelitian inimerupakan kualitatif dalam bentuk PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yangdilakukan dengan II siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu:perencanaan, tindakan, pengamatan dan Refleksi. Subjek dari penelitian iniadalah seluruh siswa kelas XI SMK T.D. Pardede Foundation T.A.2017/2018yang terdiri dari 32 orang. Instrumen dalam penelitian ini denganmenggunakan observasi dan tes berbentuk pilihan berganda sebanyak 25(dua puluh lima) soal yang terdiri dari lima option (a, b, c, d dan e).Instrumen terlebih dahulu diujicobakan untuk mengetahui validitas,reliabilis, tingkat kesukaran dan daya pembeda soal. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa pada pretes sebelummelakukan tindakan, memperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 56,41 dimanahanya 11 siswa atau sekitar 34,37% yang mendapat nilai tuntas dan 21 siswaatau sekitar 65,63% yang belum tuntas, pada siklus I siswa memperolehrata-rata 80 dimana 29 siswa atau sekitar 90,62% telah mencapai tuntas dan 3siswa atau sekitar 9,38% yang belum tuntas dan pada siklus II hasil belajarsiswa terus meningkat ketuntasan yang dicapai dimana pada siklus iniseluruh siswa memperoleh nilai rata-rata 92,5 atau 100% mencapai tuntas.Aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 70,05% dengan kategori cukupaktif, dan pada siklus II sebesar 88,54 dengan kategori sangat aktif. Maka halini menunjukkan ada peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapanmodel pembelajaran berbasis masalah pada materi pokok Gaya HidupModern siswa kelas XI semester ganjil SMK T.D. Pardede Foundation TahunAjaran 2017/2018}, issn = {2686-5459}, pages = {1--6}, url = {https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalreligi/article/view/165} }