@article{jurnalreligi, author = {Novita Saragih}, title = { EFEKTIVITAS METODE TANYA JAWAB DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN}, journal = {JURNAL PENDIDIKAN RELIGIUS}, volume = {4}, number = {1}, year = {2022}, keywords = {}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat atau tidak efektivitas metode tanya jawab terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Kristen kelas VIII SMP Negeri 1 Pulau Rakyat Asahan T.A. 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas VIII-2 yang berjumlah 25 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus dengan langkah perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan dan refleksi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Hal yang diamati pada saat pelaksanaan tindakan kelas adalah aktivitas siswa yang berkenaan dengan: memperhatikan, menulis, bertanya, menjawab dan memberi tanggapan. Bentuk tes yang digunakan yaitu tes objektif pilihan berganda (multiple choice test) dengan 5 options dan berjumlah 20 soal. Sebelum tes digunakan, terlebih dahulu diujicobakan ke kelas yang berbeda untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda test. Hasil penelitian menunjukkan Persentase rata-rata aktivitas belajar siswa Pada siklus I yaitu 65% meningkat sekitar 10,01% di siklus II menjadi 75,01%. Selain itu, Tingkat Tuntas Belajar Klasikal siswa yang pada awal test adalah 10,05% meningkat sekitar 38,15% pada siklus I menjadi 57,92% dan kembali meningkat di siklus II sebanyak 63,27% menjadi 100%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode bervariasi dalam materi Pendidikan Agama Kristen pada kelas VIII SMP Negeri 1 Pulau Rakyat Asahan}, issn = {2686-5459}, pages = {43--56}, url = {https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalreligi/article/view/1306} }