ANALISIS NILAI-NILAI SOSIAL DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA NOVEL “DUA BELAS PASANG MATA (TWENTY-FOUR EYES)” KARYA SAKAE TSUBOI

  • Lerista Permatasari Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Marlina Agkris Tambunan Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakutas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univesitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Junifer Siregar Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakutas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univesitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Jumaria Sirait Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakutas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univesitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Immanuel B.D Silitonga Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakutas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univesitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Analisis Nilai-Nilai Sosial Dan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Novel “Dua Belas Pasang Mata (Twenty-Four Eyes)” Karya Sakae Tsuboi. Novel “Dua Belas Pasang Mata (Twenty-Four Eyes) karya Sakae Tsuboi” terdapat nilai-nilai sosial yang relevan dengan kehidupan sehari-hari, terutama dalam konteks pendidikan. Nilai-nilai sosial yang menonjol dalam novel ini meliputi: Nilai material, Nilai vital, Nilai kerohanian/Spiritual seperti Nilai moral, Nilai kebenaran ilmu pengetahuan. Pemahaman yang menyeluruh terhadap nilai-nilai ini akan membantu pembaca untuk menjalani kehidupan yang lebih seimbang dan bermakna. Penekanan pada nilai moral dalam novel ini mengajarkan pembaca tentang pentingnya bersikap jujur, adil, dan bertanggung jawab. Selain itu, novel ini juga menyoroti pentingnya mencari kebenaran melalui ilmu pengetahuan, yang mendorong pembaca untuk berpikir kritis dan rasional. Nilai-nilai pendidikan karakter yang tergambar dalam novel “Dua Belas Pasang Mata (Twenty-Four Eyes) karya Sakae Tsuboi mencakup: Kerja keras, Kreatif, Rasa ingin tahu, Menghargai prestasi, Bersahabat atau komunikatif, Peduli sosial dan Tanggung jawab. Murid-murid di desa nelayan harus bekerja keras membantu orang tua mereka selain belajar.. Dalam kondisi yang terbatas, murid-murid dan guru Oishi seringkali harus berpikir kreatif untuk mengatasi masalah. Keingintahuan anak-anak terhadap dunia sekitar mendorong mereka untuk bertanya dan belajar hal-hal baru. Novel ini menunjukkan bagaimana guru Oishi memberikan penghargaan kepada murid-muridnya yang berprestasi, baik dalam akademik maupun non-akademik

Published
Jan 7, 2025
How to Cite
PERMATASARI, Lerista et al. ANALISIS NILAI-NILAI SOSIAL DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA NOVEL “DUA BELAS PASANG MATA (TWENTY-FOUR EYES)” KARYA SAKAE TSUBOI. JURNAL RECTUM: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana, [S.l.], v. 4, n. 2, jan. 2025. ISSN 2684-7973. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalrectum/article/view/5239>. Date accessed: 12 jan. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalrectum.v4i2.5239.
Section
Articles