PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV

  • Riama Uli Situmorang Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Hetdy Sitio Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia
  • Janwar Tambunan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Indonesia

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika kelas IV SD Swasta HKBP Batu IV Kabupaten simalungun. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif Eksperimen Bentuk Pre-Eksperimental dengan One Grup Pretest-Posttest. Sampel pada penelitian ini adalah kelas IV dengan jumlah 24 siswa. Data penelitian ini diperoleh dari Pretest-Posttest. Pretest dilakukan sebelum diberi perlakuan atau treatment untuk mengetahui pemahaman materi siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan posttest diberi sesudah dilakukan perlakuan atau treatment untuk mengetahui pemahaman siswa sesudah menggunaan model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Pretest dan posttest sebanyak 25 soal berbentuk pilihan berganda yang telah diuji karakteristiknya yaitu validitas dan reabilitas sampai daya pembeda. Teknik analisis data menggunakan yakni uji normalitas, dan uji hipotesis untuk menguji apakah model pembelajaran Think Pair Share (TPS) mempengaruhi hasil belajar siswa. Berdasarkan data penelitian diperoleh thitung > ttabel (17.149 > 2,068) atau (sig.) < 0,05 (0,000 < 0,05). Sehingga terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap hasil belajar siswa pada Pelajaran matematika kelas IV SD Swasta HKBP Batu IV Kabupaten Simalungun. Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap hasil belajar siswa pada Pelajaran matematika kelas IV SD Swasta HKBP Batu IV Kabupaten Simalungun pada pretest nilai rata-rata kelas yang didapatkan siswa sebesar 52,00 sedangkan pada posttest didapatkan bahwa nilai yang didapatkan terjadi peningkatan menjadi 88,25. Dari peningkatan tersebut sudah terlihat secara jelas bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap hasil belajar siswa pada Pelajaran matematika kelas IV SD Swasta HKBP Batu Kabupaten Simalungun..

Published
Dec 3, 2024
How to Cite
SITUMORANG, Riama Uli; SITIO, Hetdy; TAMBUNAN, Janwar. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV. JURNAL RECTUM: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 370-384, dec. 2024. ISSN 2684-7973. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalrectum/article/view/5003>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalrectum.v6i1.5003.