ANALISIS NILAI TAMBAH DAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PENGOLAHAN Specialty Coffee DI KECAMATAN WIH PESAM KABUPATEN BENER MERIAH PROVINSI ACEH

  • Ruhdi Waknate Universitas Darma Agung
  • Fransiskus Gultom Universitas Darma Agung
  • Asrah Feriany Maksaida Harahap Universitas Darma Agung

Abstract

Analisis yang dipakai adalah perhitungan Rugi-Laba, nilai tambah, dan analisis SWOT. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa usaha pengolahan Kopi Arabika Menjadi Specialty Coffee mendapat keuntungan sebesar Rp 2.843.798 /Sekali Proses produksi selama satu bulan dan menciptakan nilai tambah sebesar Rp 145.449/kg per kg bahan baku. Rasio nilai tambah terhadap nilai produk Specialty Coffee sebesar 72,63%, Artinya untuk setiap Rp 100 nilai produk akan diperoleh nilai tambah Rp 72. Nilai tambah menunjukkan nilai yang tinggi. Strategi yang akan digunakan adalah Strategi Agresif. Strategi agresif ini lebih didominasi kepada SO (Strength-Opportunities) yaitu dengan menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang yang ada, dimana usaha tersebut memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada. Dari segi internal perusahaan, kekuatan lebih besar dari pada kelemahan  dapat dilihat dari hasil penghitungan yaitu nilai kekuatan 3.95 dan nilai kelemahan sebesar 1.45. Kemudian dari segi eksternal, peluang lebih besar dari pada ancaman dapat dilihat dari hasil perhitungan yaitu dengan nilai peluang sebesar 3.24 dan nilai kelemahan 2.3

Published
Apr 30, 2022
How to Cite
WAKNATE, Ruhdi; GULTOM, Fransiskus; HARAHAP, Asrah Feriany Maksaida. ANALISIS NILAI TAMBAH DAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PENGOLAHAN Specialty Coffee DI KECAMATAN WIH PESAM KABUPATEN BENER MERIAH PROVINSI ACEH. JURNAL PROINTEGRITA, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 152-169, apr. 2022. ISSN 2655-8971. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalprointegrita/article/view/1500>. Date accessed: 08 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/jurnalprointegrita.v6i1.1500.
Section
Articles