@article{JP, author = {Herry Saputra and Suwardi Lubis}, title = { PERAN KOMUNIKASI PELAYANAN PUBLIK DI JAJARAN DINAS SOSIAL KOTA MEDAN}, journal = {JURNAL PROINTEGRITA}, volume = {8}, number = {3}, year = {2025}, keywords = {}, abstract = {Peran Komunikasi Pelayanan Publik adalah mendorong serta menanamkan rasa percaya masyarakat terhadap pemerintah. Pelayanan yang optimal didukung oleh pegawai yang mampu bekerja secara profesional, memiliki kapabilitas dalam menyelesaikan masalah. Menjadi pegawai yang berdedikasi tinggi, penuh tanggungjawab dalam profesional kerja perlu ada faktor pendukung dalam hal ini perlu perangkat seperti sarana dan prasarana agar pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu dengan demikian akan tercipta suasana yang kondusif di lingkungan kerja. Tujuan yang hendak dicapai dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis komunikasi pelayanan publik yang dilaksanakan di Dinas Sosial Kota Medan, apa saja program pelayanan publik yang telah dilaksanakan di Dinas Sosial Kota Medan dan hambatan yang terjadi pada pelayanan publik. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian kualitatif deskriptif melalui wawancara dan observasi informan untuk mendapatkan data penelitian. Hasil penelitian terlihat dari kepuasan masyarakat miskin di kota Medan terhadap pelayanan publik dapat dilihat berdasarkan kriteria: mudah, murah, cepat, akurat dan nyaman. Program pelayanan publik pada Dinas Sosial Kota Medan telah dirancang dan dilaksanakan dengan berbagai program di antaranya mengurus surat miskin dan meningkatkan kesejateraan lansia dan masyarakat terlantar di kota Medan. Faktor-faktor penghambat pada Pelayanan Publik di Dinas Sosial Kota Medan adalah pada alur dan bagan pelayanan publik yang kurang dipahami masyarakat miskin, pengukuran kinerja Pelayanan dan kualitas sumber daya manusia yang belum memadai}, issn = {2655-8971}, pages = {42--48}, doi = {10.46930/jp.v8i3.5367}, url = {https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalprointegrita/article/view/5367} }